Nasional

Buku Biografi Luhut Binsar Panjaitan Jadi Kado Istimewa di HUT ke-75

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 07/10/2022 13:34 WIB

Pemred Indonesia.id, Asri Hadi bersama penulis buku "Biografi Luhut Binsar Pandjaitan", Noorca M.Massardi di hotel Darmawangsa Jakarta Selatan Jumat 7 Oktober 2022.

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemimpin Redaksi Media Indonews.id ikut menghadiri acara peluncuran dan bedah buku `Luhut: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan yang digelar di Ruangan Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa Jakarta, Jumat (7/10/2022) sekitar pukul 12.00 sd 16.00 WIB.

Asri Hadi menuturkan, dirinya mengaku sangat beruntung sebab mendapatkan buku yang sudah dibubuhi tanda tangan dari Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan penulis bukunya, Noorca M Massardi.

"Saya beruntung buku yang didapatkan ditanda tangani oleh Jendral TNI Purn Luhut Binsar Pandjaitan dan penulisnya Noorca M Massardi. Selain itu, saya juga berkesempatan berfoto dengan penulisnya," ungkapnya kepada media ini, Jum`at (7/10).

Acara ini menghadirkan sejumlah pembahas antara lain Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Letjen TNI (Purn.) Sintong H. Pandjaitan, eks Danjen Kopassus & Pangdam IX/Udayana.

Hadir pula sebagai pembahas aktivist dan salah seorang pendiri Setara Institute, Rocky Gerung dan Garibaldi Thohir selaku Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk. serta Letjen (Purn) Johnny Lumintang, Purnawirawan TNI dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Filipina.

Sebagai informasi, Buku "Luhut: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan" karya Noorca M Massardi ini memuat hal-hal tentang Luhut yang selama ini luput dari sorotan publik.

Seperti perhatiannya yang berimbas pada kebijakan pemberdayaan perempuan dan sumbangsihnya bagi dunia pendidikan serta generasi muda secara keseluruhan.

Nama Luhut Binsar Pandjaitan sudah sering kita dengar sebagai salah satu punggawa pemegang tampuk kebijakan di pemerintahan.

Tidak hanya cemerlang di bidang militer, Luhut juga dikenal dengan kemampuannya di bidang akademik.

Hal itu membuatnya sebagai sosok yang prominen dan dikenal tangkas menjalankan tugas.

Kiprahnya sebagai pengusaha, pejabat publik, duta besar, hingga menteri koordinator membuatnya didapuk sebagai ujung tombak dalam perang melawan pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali.

Sosoknya berulang kali menghiasi layar kaca, baik saat menjawab pertanyaan rekan-rekan wartawan atau saat memberikan penjelasan mengenai permasalahan yang muncul akhir-akhir ini.

Dari sana, kita mendapati Pak Luhut yang selama ini kita kenal; tenang, teguh, dan berwibawa.

Namun di balik itu, siapakah sebenarnya Luhut Binsar Pandjaitan?

Pertanyaan itu adalah segelintir hal yang diungkap dalam buku Luhut: Biografi Luhut Binsar Pandjaitan.

Buku ini menampilkan kesaksian orang-orang terdekatnya, termasuk keluarga dan inner circle-nya.

Daripada menggambarkan Luhut sebagai sosok yang terlampau luar biasa dan memiliki superpower, Noorca M Massardi selaku penulis lebih menitikberatkan humanisme Luhut Binsar Pandjaitan yang tidak luput dari kekurangan.

Selain sebagai perayaan HUT ke-75 Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., acara peluncuran dan bedah buku ini bertujuan membuka ruang diskusi tentang sosok Luhut Binsar Pandjaitan serta kiprahnya yang fenomenal.

Biografi ini juga terasa lebih istimewa karena merupakan kado spesial dari sang adik, Kartini Sjahrir, untuk ulang tahun yang ke-75 pada 28 September 2022 lalu.

Diharapkan buku ini bisa memberikan pandangan yang berimbang berikut teladan dari sosok Luhut Binsar Pandjaitan.

Artikel Terkait