Nasional

Remaja Kenya dan Suster Indonesia Meriahkan Resepsi Diplomatik KBRI Nairobi 2022

Oleh : luska - Sabtu, 08/10/2022 16:37 WIB

Nairobi, INDONEWS.ID - KBRI Nairobi mengajak para remaja Kenya dan suster Indonesia menghibur para tamu undangan Resepsi Diplomatik memperingati hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, pada tanggal 7 Oktober 2022. Mereka menampilkan permainan angklung dengan membawakan beberapa lagu Afrika, Barat, dan lagu tradisional Indonesia, seperti Jambo, Malaika, Heal the World, dan Es-Lilin. Mereka juga membawakan beberapa tarian tradisional tanah air seperti Tari Merak, Saman, dan Baris, yang begitu memukau para penonton. 

“Pertunjukan seni tari dan musik ini memang sengaja melibatkan masyarakat lokal kenya serta para suster Indonesia yang telah puluhan tahun tinggal di sini untuk mempromosikan budaya Indonesia,” ujar Dubes RI Nairobi, Dr. Mohamad Hery Saripudin. 

KBRI Nairobi, bekerjasama dengan Kemdikbud, mendatangkan secara khusus dua pelatih dari Indonesia, Hadi Setiyadi dan Iqbal Ammarullah, yang secara intensif mengajarkan angklung dan beberapa tarian tradisional dari mulai Saman, Merak, Bajidor Kahot dan Tari Baris Bali kepada masyakat lokal, termasuk workshop kepada beberapa kelompok remaja dan pelajar di Nairobi.

“Penampilan mereka yang baru pertama kali bersentuhan dengan seni dan budaya Indonesia sangat mengesankan para Duta Besar dan undangan yang hadir, termasuk Duta Besar designated Kenya untuk Indonesia,” papar Dubes Hery. 

Penampilan budaya dengan melibatkan warga Kenya dari mulai anak-anak yang tinggal di daerah slum di Nairobi sampai para pelajar Kenya betul-betul mengharukan dan menumbuhkan mimpi mereka dalam mengejar cita-cita yang tinggi. Tidak ada hal yang tidak mungkin apabila dilakukan secara persisten.  Hal ini telah dibuktikan juga oleh para misionaris Indonesia yang telah puluhan tahun bekerja untuk kemanusiaan di Kenya.

Resepsi Diplomatik KBRI Nairobi tahun 2022 ini sendiri merupakan resepsi pertama yang dilakukan kembali pasca-pandemi dan menjadi catatan sejarah yang mengharumkan nama Indonesia dalam promosi budaya di tanah Afrika. Dihadiri lebih dari 200 tamu undangan dari jajaran pemerintah, pengusaha, akademisi, dan mitra KBRI Nairobi lainnya. Penampilan seni budaya dalam acara tersebut menarik perhatian para media Kenya untuk juga mempromosikan budaya Indonesia. Sejauh ini, KBRI Nairobi juga telah berhasil mempromosikan Indonesia secara visual dengan turut melibatkan televisi swasta yang bergengsi di Kenya, KTN TV. 

Dubes Hery dalam sambutannya mengingatkan bahwa dengan diresmikannya Kedutaan Besar Kenya di Jakarta pada 17 Maret 2022 serta penandatanganan tujuh MOU kerjasama bilateral di berbagai bidang menjadi tanda bahwa hubungan Indonesia dengan Kenya telah melangkah secara progresif dan produktif. 

Diharapkan ke depannya, kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial budaya semakin meningkat, termasuk kerjasama di tingkat multilateral dalam bidang lingkungan hidup dan pemukiman, dimana badan PBBnya yaitu UNEP dan UN-Habitat berada di Nairobi.

Guest of Honour, Galma Boru, Duta Besar Designated Kenya untuk Indonesia, dalam sambutannya menegaskan solidnya hubungan diplomatik Indonesia – Kenya yang telah dibangun selama 43 tahun hingga saat ini. 

Resepsi Diplomatik KBRI Nairobi 2022 tidak hanya sampai di pertunjukan budaya, namun Dubes Hery beserta istri, Zulfah Nahdliyati Saripudin, turut memberikan kejutan yang tidak kalah apik dengan mengajak semua undangan menyanyikan lagu Stanby Me bersama-sama. 

Dalam Resepsi tersebut, diadakan pula pengundian raffle ticket Nairobi – Bali untuk 2 pemenang, yang disponsori oleh Maskapai penerbangan Emirates, dan voucher hotel dari PT. Unirama Indonesia. (Lka)
 

TAGS : Kbri nairobi

Artikel Terkait