Nasional

Menkominfo Johnny Plate Ajak Startup Kolaborasi Hadapi Tantangan Ekonomi Global

Oleh : Mancik - Selasa, 11/10/2022 12:30 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.(Foto:Istimewa)

INDONEWS.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak pelaku startup digital berkolaborasi dalam menghadapi tantangan dan dinamika perekonomian global.

Menurut Menkominfo saat ini Indonesia memiliki peluang dalam pengembangan ekonomi global.

"Di tengah ketidakpastian ekonomi global, kolaborasi dan gotong royong seluruh elemen bangsa dibutuhkan. Dengan semangat “Start With Network” yang diusung oleh HUB.ID, Kominfo mengajak startup, investor, serta mitra-mitra untuk berkolaborasi bergotong-royong membangun ekonomi digital bangsa yang resilien,” ajaknya dalam Pembukaan Demo Day HUB.ID, di Shangri-la Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (07/10/2022).

Menteri Johnny menyatakan saat ini seluruh negara di dunia termasuk Indonesia tengah menghadapi berbagai tantangan seperti pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, potensi geopolitik akibat konflik yang terjadi di Ukraina serta tekanan inflasi global.

"Bagaimana dunia, termasuk Indonesia tengah terus diuji melewati tantangan global. Inflasi dunia yang rata-rata 7,9%, bahkan beberapa hari yang lalu ada salah satu rilis di Turki, begitu luar biasanya hampir 80%. Begitu juga dengan Argentina, dan Amerika Serikat. Tadi disinggung, inflasi tertinggi di 40 tahun terakhir. Pemerintahan UK juga mengalami tekanan inflasi yang luar biasa,” jelasnya

Sejak pandemi Covid-19, tekanan inflasi yang diproyeksikan secara rata-rata dunia mencapai sekitar 7,9% di tahun 2022 ini, hingga potensi resesi di tahun 2023 nanti yang memberikan dampak ketidakpastian di berbagai sektor dan berbagai lini ekonomi dunia.

"Inflasi kita masih di tingkatan yang rendah, 5,95% year-on-year di bulan September tahun 2022 beberapa waktu yang lalu. Di sisi lain, pertumbuhan nasional berada di angka 5,44% quarter-on-quarter, terus menguat dibanding triwulan sebelumnya,” jelas Menkominfo.

Menurut Menteri Johnny, meskipun kondisi makro ekonomi global terus diuji, Indonesia tetap mampu bertahan cukup resilien sebagai dampak kebijakan pemerintah dan arahan Presiden Joko Widodo.

“Indonesia melalui kolaborasi kerja bersama-sama, directive yang jelas dari Presiden Joko Widodo, kebijakan-kebijakan di sektor makro ekonomi, mikro ekonomi, macro prudential, micro prudential, kita bisa menahan laju inflasi yang begitu tinggi (hiperinflasi) di tingkat dunia,” ungkapnya.

Menkominfo menegaskan Indonesia saat ini mempunyai kekuatan, khususnya untuk kemajuan sektor ekonomi digital. Oleh karena itu, Menteri Johnny mengingatkan kepada pelaku startup yang hadir terus waspada dan mengambil peran penting dalam pengembangan sektor ekonomi digital.

“Kita ingat di awal pandemi tahun 2020, bagaimana peran penting yang diambil oleh sektor ekonomi digital dengan sukses luar biasa, namun saat ini dunia dikejutkan dengan tantangan global. Sektor ekonomi digital terus hadir mendorong roda perekonomian di seluruh dunia,” tandasnya.

Menurut Menkominfo semua itu bisa dilaksanakan lewat kolaborsi dan kerja sama semua pihak.

“Penemuan dan perkembangan besar selalu melibatkan kerja sama banyak pikiran seperti kata Alexander Graham Bell. Ungkapan itu mencerminkan pentingnya kolaborasi untuk mencapai tujuan besar,” tuturnya.*

TAGS : Startup

Artikel Terkait