Nasional

Kuliner Lezat Indonesia di Luar Negeri Kiiat Tingkatkan Wisatawan

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 24/10/2022 18:29 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Kopi Kenangan buka gerai di Petronas Twin Tower Malaysia Senin 17 Oktober 2022 sore. Mengenalkan produk "kopi" dari Flores, Sidikalang, Aceh dan Dampit (Malang).

Sehari kemudian 18-10-2022, restoran Padang Sari Ratu membuka cabangnya di Petaling Jaya .

Ni Made Ayu Martini selaku Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menuturkan pemerintah mendukung penuh untuk memanfaatkan potensi pasar yang masih sangat besar, dan memperkuat etalase kuliner di luar negeri.

Itu bagian dari program Indonesia spice up the world yang diluncurkan presiden 4 November 2021 di Expo 2020 Dubai.

Wisatawan dari negeri Jiran adalah ketiga yang terbesar setelah Australia dan Singapura. Sampai Agustus 2022 sudah tercatat 1,7 juta saudara serumpun yang datang berkunjung.

Mereka sangat menyukai kuliner dan mode yang ada di Bandung. Tertarik juga dengan wisata alam dan sejarah seperti ke Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Promosi tidak boleh terhenti kata Ni Made Ayu. Tetapi harus terus berlanjut. Misalnya menawarkan tempat bahan makanan dari mana berasal, contoh kopi.

Wisatawan bisa berkunjung ke kebun kopi, lihat pemetikan dan kopi diproses. Nah ekosistem ini tidak berdiri sendiri. Semua pemangku kepentingan terlibat.

Mulai dari produk, promosi dan pemasaran saling terkait dan mengemasnya menjadi wisata berkelanjutan yang memberikan efek manfaat ganda terhadap kemakmuran masyarakat sekitarnya.*(Zaenal).

Artikel Terkait