Nasional

Penguatan Akar Budaya Bangsa Cegah Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 31/10/2022 14:43 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) dengan berbagai pihak akan menyelenggarakan Parade Budaya Nusantara dengan rute Sarinah - Thamrin - Bundaran HI pada Hari Minggu 6 November 2022.

Parade Budaya ini merupakan bagian dari penguatan akar budaya bangsa yang termasuk ke dalam 5 antisipasi dalam mencegah virus radikalisme terorisme. Harapannya parade budaya ini dapat memperkokoh identitas budaya nusantara.

Kegiatan Parade Budaya juga merupakan simbol kolaborasi antara pemerintah dengan civil society dan komunitas yang mampu mengokohkan jati diri ke-Indonesiaan.

Parade budaya ini rencananya akan dihadiri oleh 18 ribu orang peserta menggunakan kebaya dari 14 lembaga pemerintah, 19 komunitas, BUMN dan organisasi kemasyarakatan serta pelaku UMKM. Kehadiran belasan ribu orang yang menggunakan kebaya ini nantinya di harapkan akan memecahkan rekor MURI.

Susunan acaranya sendiri, terdiri dari Pembukaan, parade, bazzar, UMKM, Fashion Show Kebaya dan Hiburan. Waktu pelaksanaan pada tanggal 6 Oktober 2022 mulai pukul 06.00 WIB- 10.30 WIB.

Kebaya merupakan busana tradisional kebanggan wanita Indonesia yang membumi. Dengan adanya kegiatan ini, dimaksudkan pula untuk menunjukkan ke Unesco bahwa Kebaya Indonesia merupakan salah satu simbol kekayaan kebudayan Indonesia dan didukung penuh oleh berbagai elemen masyarakat Indonesia.*

Artikel Terkait