Nasional

Top! Kembali Beraktivitas, Pemred Asri Hadi Jadi Moderator Kegiatan Bimtek

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 02/11/2022 09:49 WIB

Asri Hadi bersama para narasumber

Jakarta, INDONEWS.ID - Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan seperangkat aturan, salah satunya melarang warganya untuk berkerumun dan menghindari bertemu orang banyak.

Persis hal itulah yang dilakukan Asri Hadi, dosen purnabhakti di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Ia mengikuti anjuran dan arahan pemerintah perihal protokol kesehatan covid-19 atau Prokes covid.

Sejak bulan Maret 2020 lalu, bulan dimana Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia, Asri Hadi menghentikan sementara aktivitasnya bersama orang banyak. Hal ini guna menghindari potensi tertular virus yang asal-usulnya masih diperdebatkan hingga kini.

Namun setelah covid-19 melandai dan pemerintah mengizinkan kegiatan yang melibatkan orang kendati tetap memperhatikan protokol kesehatan, Pemred Indonews.id ini kembali diminta menjadi moderator Bimtek.

Awal bulan November 2022 ini, Asri Hadi kembali menjadi Moderator Bimbingan Teknis Praktek dan Penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) di lingkungan Pemerintahan Daerah berdasarkan Permendagri No. 70/2019 yang transparan dan akuntabel.

"Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Studi kebijakan Nasional (PUSDIKNAS) yang melibatkan peserta dari Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi bertempat di Hotel Grand Pasific, Bandung sejak 1-4 November 2022," kata sosok yang juga merupakan Dewan Redaksi Bulir.id ini via pesan singkatnya, Rabu (2/11/22).

 

Menarikanya, acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Parigi Moutong, Zulfinasran Achmad, S.STP,. MAP yang merupakan Purna Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan 07 tempat Asri Hadi pernah berkarir hingga puluhan tahun.

"Selaku dosen senior IIP/IPDN, saya bangga dengan prestasi dan karir para purnapraja, secara khusus untuk Zulfinasran Achmad yang saat ini sudah menempati posisi strategis di pemerintahan Parigi Moutong, Sulteng sebagai Sekda," ucap Asri Hadi.

Sebelumnya, pada bulan akhir Agustus lalu, Asri Hadi menjadi moderator dalam seminar yang mengangkat tema seputar konflik pertanahan di Indonesia yang dihadiri langsung Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

"Saya kembali menjadi moderator dalam acara yang diprakarsai oleh Yayasan Yapena besok. Tempatnya di Kota Semarang," kata Asri Hadi, selaku salah satu pengurus di Yayasan Penegak Etika Nusantara (Yapena) kala itu.

Profil Asri Hadi

Penerima penghargaan Satyalacana Dwidya Sistha ini lahir pada 25 Mei 1958 di Desa Lintau, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Namun Asri Hadi menghabiskan waktunya di masa kecil di Jakarta. Ia bersekolah di Taman Kanak-kanak Melati dan merampungkan masa kecilnya di Sekolah Dasar Ora Et Labora, Jakarta Selatan.

Selepas SD, Asri Hadi melanjutkan pendidikannya di SMPN 13 Jakarta. Lalu tiga tahun kemudian menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Teladan, Jakarta Selatan dan tamat pada 1976.

Selanjutnya pada 1977, Asri Hadi terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia juga sebagai mahasiswa Institut Teknologi Bandung juga Pajajaran Bandung.

Uniknya, pada 1978 Asri Hadi menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia dan Lulus dari FISIP UI tanggal 19 Juli 1984 dengan gelar Drs Sosiologi.

Asri Hadi memulai karirnya sebagai Dosen IIP-IPDN Kementerian Dalam Negeri sejak tahun 1986 hingga 2022.

Pria bergolongan dara B ini juga tercatat sebagai Dosen Tamu di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut atau yang disingkat SESKO AL.

Waktu luangnya digunakan untuk aktif di Media Berita Online INDONESIA NEWS atau INDONEWS.ID sebagai Pemipin Redaksi dan Dewan Redaksi Bulir.id.

Ia juga aktif sebagai relawan dalam penanggulangan bahaya narkotika di Forum Organisasi Masyarakat Anti Narkoba (FOKAN) mitra kerja Badan Narkotika Nasional (BNN).

Hingga saat ini, Asri Hadi menjadi anggota dewan pengurus Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI). Ia juga pernah menjadi anggota dewan pengurus organisasi BERSAMA (Wadah berhimpun tingkat nasional LSM yang aktif di bidang penanggulangan Narkotika).

Sejak tahun 2015, Asri Hadi menjadi Ketua Umum Forum Intelektual Studi Untuk Indonesia (FIS UI) yang seluruh anggotanya adalah alumni FISIP UI.

Pada tahun 1986, Asri Hadi ditugaskan untuk ikut sebagai anggota delegasi RI hadir di acara Konferensi Internasional Non-Goverment Organization (IFNGO) di Sidney berdasarkan surat perintah dari Bakolak inpres VI tahun 1971

Asri Hadi juga menjadi bendahara dari Asosiasi Media Digital Indonesia dan Forum Pimpinan media Digital Indonesia.*

Artikel Terkait