Nasional

Ny. Endah Ade Supandi Ketua Umum PERIP TNI Polri masa bakti 2022-2027 menggantikan Ny. Ratna Djoko Suyanto

Oleh : luska - Senin, 14/11/2022 20:10 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pergantian kepemimpinan dalam organisasi PERIP (Persatuan Istri Purnawirawan) TNI Polri telah berlangsung dengan lancar melalui Musyawarah Nasional ke XIII PERIP tanggal 14 Nopember 2022 Kecapi Room Santika Hotel TMII.

Munas dihadiri oleh Ketum PERIP Ibu Ratna Djoko Suyanto, Ketua DPP PEPABRI Jenderal TNI Purn Agum Gumelar, Ketua Umum PERIP dari masa ke masa Ibu Linda Agum Gumelar, Ibu Asikin, Pengurus Pusat PEPABRI, Pengurus Pusat PERIB, Ketua PIPAL Ny Manik Siwi Sukmaaji, Ketua PISAU Ny Herman Prayitno, dan organisasi yang seaspirasi, Kowani, Dian Kemala, serta Ketua Daerah, Ketua Cabang dan Ranting seluruh Indonesia yang hadir secara Luring dan Daring.

Hasil Munas menerima pertanggungjawaban Ny Ratna Djoko Suyanto selaku Ketua Umum PERIP masa bakti 2018-2022 dan secara aklamasi menyetujui Ibu Endah Ade Supandi sebagai Ketua PERIP TNI Polri masa bhakti 2022-2027

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI

Sebagai istri purnawirawan yang sudah sekian lama mendampingi suami selaku pejuang dan prajurit dalam keadaan suka maupun duka maka pada tanggal 17 April 1964 didirikan sebuah organisasi dengan nama Persatuan Ibu Purnawirawan yang disingkat “PERIP”.

Organisasi PERIP kemudian mendapat pengesahan sebagai badan hukum oleh Depertemen Kehakiman dengan surat Keputusan No. Skep/4J.A.5/103/10/1964 tanggal 26 September 1964 dan tercantum dalam lembaran negara no. 27 tahun 1964.

Sejak berdirinya PERIP tumbuh seirama dan sejalan dengan perkembangan PEPABRI. Berdasarkan SK Ketua Umum PEPABRI nomor KPTS-04/PB/VII/1967 tanggal 15 Juli 1967 memutuskan bahwa organisasi kemasyarakatan wanita dan organisasi pendamping PEPABRI yang bernaung dibawah dan mendapat lindungan dan bimbingan PEPABRI. Musyarah ke I diadakan pada bulan Agustus 1967 di
Surakarta, mengesahkan AD/ART PERIP dengan Ketua Umum Ny. S.G. Wagiman.

Pada Munas ke III PERIP diselenggarakan pada tanggal 15-17 April 1974 di Pandaan Jawa Timur yang menetapkan nama Persatuan “Ibu” Purnawirawan ABRI disempurnakan menjadi Persatuan “Istri” Purnawirawan ABRI dan mengesahkan Juklak Kartu Tanda Anggota.
Pada Munas ke VI PERIP Tahun 1987 di Jakarta memutuskan perubahan antara lain PERIP menjadi PERIP Purna Garini. Sedang pada Raker yang diselenggarakan tahun 1995 menghasilkan perubahan nama organisasi dari PERIP Purna Garini menjai Persatuan Istri Purnawirawan ABRI yang
disingkat PERIPABRI. 

Perubahan nama PERIPABRI menjadi PERIP TNI dan Polri.   

Perubahan Bidang Sosial Politik menjadi Bidang Hubungan Masyarakat.
Munas ke IX PERIP TNI dan Polri diselenggarakan pada tanggal 21-22 Oktober 202 di Jakarta menghasilkan : Menetapkan nama organisasi PERIP TNI dan Polri menjadi Persatuan Istri Purnawirawan disingkat PERIP. Musyawarah Nasional X PERIP diselenggarakan pada tanggal 7-9 Nopember 2007 di Jakarta antara lain menyempurnakan kalimat dan tata bahasa sebutan pada Persatuan Istri Purnawirawan ditambah Warakawuri.

VISI DAN MISI ORGANISASI

Visi.  Mempersatukan dan mengarahkan segenap istri purnawirawan dan warakawuri dalam rangka meningkatkan peran sertanya dalam membangun nasional menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dengan mencetuskan motto “Pengabdian Tanpa Akhir” yang dirangkum dalam bahasa sansekerta menjadi “Satya Bhakti Nirantara” yang berarti “Setia berbakti dan mengabdi terus menerus sampai akhir”.

Misi.     PERIP sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan ikut serta berkiprah dalam mensukseskan pembangunan nasional sesuai bidang tugas dan kemampuan terutama dalam memberikan perhatian secara khusus kepada anggotanya dan keluarga besar PERIP serta lingkungan.

Selanjutkan dilaksanakan pelantikan Kepengurusan Pusat Perip TNI Polri masa bhakti 2022-2027.

1.    Ketua Umum      Ny. Endah Ade Supandi
2.    Wakil Ketua I      Ny. Indah Bambang Suwarto
3.    Wakil Ketua II     Ny. Endang Siburian
4.    Wakil Ketua III    Ny. Ratna Puji Hartanto
5.    Wakil Ketua IV    Ny. Christina Jan Mangesa
6.    Sekum                  Ny. Rina Rajaguguk
7.    Bendahara           Ny. Ruth Petrus Patmarjo

Artikel Terkait