Nasional

Peduli Isu Lingkungan, PNM Tanami Ribuan Pohon di Hutan Bagan Pete Kota Jambi

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 17/11/2022 10:25 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan penanaman 3.400 pohon kayu dan buah di Hutan Bagan Pete Kota Jambi sebagai bentuk keterlibatan perusahaan BUMN pada isu lingkungan di daerah tersebut.

"Kami campur tanaman pohon dengan buah agar fauna disini bisa tetap mendapatkan makanan dari buah," kata Kepala PNM Cabang Jambi Benny Satria Basri di Jambi, Selasa.

Dia menerangkan, penanaman pohon ini bagian dari tanggung jawab sosial pada kondisi lingkungan dan udara di Jambi.

Pihaknya bangga dapat berperan menciptakan kehidupan makhluk hidup di daerah tersebut menjadi lebih baik dengan ketersediaan udara yang segar dan bersih.

" Pohon yang ditanam ini akan memproduksi oksigen dan baik untuk makhluk hidup," katanya.

Selain itu, penanaman ribuan pohon kayu dan buah ini akan memperbanyak jenis tanaman pohon di Hutan Bagan Pete itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Ardi menegaskan bibit yang telah ditanam ini diharapkan bisa tumbuh dengan baik dan memberikan oksigen dalam kehidupan.

"Sebanyak 3.400 pohon yang kita tanam. Dengan sistem kolaborasi ini, awal jumlah tanamannya sekitar 3.200 dari PNM Cabang Jambi dan sisanya itu dari DLH Kota Jambi," ucapnya.

Dia mengharapkan ke depannya juga bisa berkolaborasi dengan PNM Cabang Jambi yang berkaitan dengan isu lingkungan lainnya.

"Dapat bekerjasama dalam kegiatan seperti pengelolaan sampah, pembuatan taman tematik yang ada di Kota Jambi sehingga daerah ini menjadi lebih asri," katanya.

Hutan Bagan Pete ini diperkirakan memiliki luas lahan lebih kurang 42 hingga 50 hektar yang masih banyak terdapat satwa liar di dalamnya.

Diketahui, Hutan Bagan Pete Kota Jambi menjadi pemasok oksigen di Kota Jambi karena masih memiliki pepohonan yang dapat memproduksi oksigen untuk makhluk hidup.

Hutan Bagan Pete ini juga dijadikan sarana edukasi, wisata dan penelitian karena masih memiliki berbagai jenis kayu yang dapat diteliti baik oleh peneliti ataupun mahasiswa. Selain edukasi, di kawasan ini juga menjadi lokasi hiking, mountain bike maupun motor trail.*

Artikel Terkait