Nasional

Jelang Akhir Masa Jabatan, Asri Hadi Dorong Rildo Ananda Anwar Kembali Jabat Ketum PELTI di Periode Kedua

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 17/11/2022 15:39 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepemimpinan Rildo Ananda Anwar sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PELTI) akan segera berakhir pada tahun ini. Namun selama kepemimpinannya, PELTI mencatatkan sejumlah prestasi luar biasa.

Berkaca pada prestasi yang ditorehkan PELTI selama kepemimpinan Rildo Ananda Anwar selama periode 2017-2022, sejumlah pihak menyatakan dukungan agar Rildo Ananda Anwar kembali menjabat untuk periode yang kedua sebagai Ketum PELTI.

Salah satu tokoh yang sangat vocal adalah Dosen Purnabakti Institut Pemerintahaan Dalam Negeri (IPDN) Drs. Asri Hadi. Asri Hadi menyatakan mendukung dan mendorong Rildo Ananda Anwar kepemimpinan sebagai Ketum PELTI periode 2022-2027.

"Secara pribadi saya mendukung Rildo Ananda Anwar untuk melanjutkan kepemimpinan menjadi Ketua umum PELTI dua periode," kata Asri Hadi selaku Pemimpin Redaksi Indonews.id via pesan singkat WhatsApp, Kamis (17/11/22).

Dukungan Asri Hadi tersebut bukan tanpa dasar. Dewan Redaksi Media Bulir.id ini mengatakan Rildo Ananda Anwar merupakan sosok yang telah menghabiskan sebagian besar hidupnya menjadi pemain tenis profesional.

Asri Hadi menyebutkan, dunia tenis sudah digemari dan digeluti Rildo Ananda Anwar sejak duduk di bangku SMP sebagai petenis yunior. Idealnya, menurut Asri Hadi, olahraga di Indonesia, apapun jenisnya, seharusnya dipimpin oleh mereka yang memang menyukai dan bergelut di olahraga tersebut.

"Rildo Ananda Anwar yang sejak SMP sudah menjadi pemain tenis yunior dan hampir seluruh hidupnya fokus di tenis selain menjadi pejabat tinggi negara. Olahraga di Indonesia seharusnya dipimpin oleh mereka yang memang suka dengan olah raga itu dan memang mempunyai waktu untuk memajukan olah raga itu," tegas Asri Hadi.

Selain itu, Asri Hadi melihat ada kemajuan di tubuh PELTI di bahwa kepemimpinan Rildo Ananda Anwar berupa prestasi-prestasi yang dicapai. Tak hanya itu, Rildo juga sangat fokus dalam pembinaan dan kesejahteraan atlet.

Rentetan Prestasi PELTI

Selama memimpin Pelti periode 2017-2022 sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia Rildo Ananda Anwar, berhasil membawa para atlet menorehkan sederet prestasi membanggakan. Tak hanya itu, Rildo juga sangat fokus dalam pembinaan dan kesejahteraan atlet.

Sederet prestasi yang berhasil diraih dibawah kepemimpinan Rildo diantaranya, perolehan medali emas melalui ganda campuran pada Asian Games 2018, setelah vakum medali lebih dari 20 tahun.

Prestasi Pelti terus berlanjut di tahun 2019, ketika Indonesia berhasil menjadi juara umum tenis SEA Games 2019 Manila dengan perolehan 3 medali emas dan 2 perunggu. Dua tahun kemudian, Indonesia sukses menggondol 1 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu dari ajang SEA Games 2021 Hanoi.

Deretan prestasi ini menunjukkan upaya dan program pembinaan yang dilakukan oleh Pelti sebagai pembina tenis lapangan Tanah Air sudah berada di jalur yang tepat.

Tak hanya itu, Indonesia juga boleh berbangga karena untuk pertama kalinya bisa menggelar ajang International Tennis Federation (ITF) Regional Coaches Conference di Bali pada 2022. Selain itu, Indonesia pada akhirnya bisa memiliki pelatih ITF level 3, Martin Setiawan.

Tahun ini, Pelti sebagai organisasi yang taat AD/ART memiliki agenda besar menyelenggarakan musyawarah nasional untuk melakukan pemilihan kepengurusan 2022-2027. Menanggapi itu, Rildo selaku Ketum PP Pelti berharap agar pelaksanaan musyawarah nasional berjalan lancar.

"Semoga agenda musyawarah nasional kali ini bisa berjalan dengan lancar, dan pengurus Pelti periode 2022 – 2027 bisa melanjutkan kerja keras kepengurusan sebelumnya untuk mengangkat prestasi tenis dan mengharumkan nama bangsa Indonesia," kata Rildo dalam keterangan resminya.*

Artikel Terkait