Piala Dunia Qatar 2022

Dikalahkan Ekuador, Qatar Cetak Rekor Buruk Bersejarah di Piala Dunia

Oleh : Rulin Purba - Senin, 21/11/2022 02:57 WIB

Tandukan unik lewat belakang kepala Enner Valencia ke gawang Qatar yang arahnya tak terduga. (Foto: ist)

indonews (Qatar) - Qatar mencetak rekor sebagai tuan rumah pertama Piala Dunia Sepakbola di kawasan Timur Tengah. Juga negara pertama yang menggelar PD di akhir tahun. Rekor lain bertambah setelah ditekuk timnas Ekuador dalam laga pembuka pada Minggu, 20 November 2022. Sayangnya ini rekor yang tidak membanggakan.

Kekalahan 0-2 dari Ekuador  menjadikan Qatar sebagai tuan rumah pertama dalam sejarah Piala Dunia yang kalah dalam pertandingan perdananya. Sejauh ini prtaningan perdana tuan rumah selalu berakhir imbang atau menang. 

Disokong penuh penonton tuan rumah di Stadion Al-Bayt, Al Khor, ternyata Saad Al -Sheeb terkesan sangat mudah dikalahkan lawan. Baru tiga menit pertandingan, gawangnya sudah kebobolan yang untungnya dianulir karena offiside. Tapi, tak lama kemudian Enner Valencia menjaringkan dua gol berturut ke gawang Al-Sheeb lewat penalti dan tandukan mengesankan. Penyerang klub Fenerbahce berusia 33 tahun itu pun sukses menorehkan gol kali ke-36 dan 37-nya dalam 75 kali penampilan bersama tim nasional Ekuador sejak 2012.

Itu gol penghibur sementara buat Valencia karena di dua episode Piala Dunia sebelumnya, 2014 dan 2018, Ekuador tak lolos ke Piala Dunia.

Sebaliknya buat Qatar. Dua gol itu jadi penghancur semangat ribuan pendukungnya. Banyak yang meninggalkan stadion usai babak pertama dengan penuh kekecewaan, namun masih lebih banyak yang bertahan di dalam stadion dengan terus menyemangati pra pemain Qatar. Total penonton di dalam stadion di awal pertandingan tercatat sebanyak 67.372 orang.

Qatar, peringkat ke-44 FIFA, kini berada pada posisi sulit karena dua lawan di depan justru lebih galak dari Ekuador. Lawan berikutnya pada 25 November nanti adalah salah satu singa Afrika, Senegal, di Stadion Al Thumama, Doha. 

Laga teakhir Qatar di penyisihan grup berlangsung pada 29 November, kembali ke stadion dimana mereka ditaklukkan Ekuador. Lawannya adalah Belanda yang jelas jadi ungguan di Grup A. Jika permainan Qatar amsih seperti saat melawan Ekuador, dipastikan Belanda akan `menjajah`mereka dengan banyak gol. Dan, bukan tak mungkin itu adalah laga terakhir Qatar sebagai tuan rumah. (rnp)

Artikel Terkait