Gaya Hidup

Simak! Begini Tips Merawat Smartphone agar Awet

Oleh : very - Sabtu, 26/11/2022 15:10 WIB

Rawat layar HP. (Foto: ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Smartphone kini tak ubahnya menjadi kebutuhan primer banyak orang. Ibarat kata, lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP.

Hal ini tak terlepas dari banyaknya fitur atau aplikasi yang ada di smartphone dapat menunjang pekerjaan sehari-hari masyarakat. Apalagi, smartphone juga kini banyak hadir di pasaran dengan berbagai model, seperti HP Samsung, iPhone, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Meskipun telah menjadi kebutuhan primer banyak masyarakat, terkadang banyak smartphone yang akhirnya tak bertahan lama, karena pemakaian yang berlebihan. Jika sudah begini, Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli gadget baru.

Nah, agar smartphone tetap awet terjaga dan bertahan lama, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Tips ini juga berguna agar tetap hemat, sehingga tidak perlu mengganti smartphone setiap tahun. Apa saja?

 

1.   Gunakan Charger Original

Agar smartphone tetap bertahan lama dan tidak gampang rusak, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan charger original, saat ingin mengisi daya smartphone.

Jangan sekali-kali menggunakan charger KW atau abal-abal yang kualitasnya di bawah standar atau tidak jelas. Sebab, jika Anda memakai charger yang belum tentu cocok dengan spesifikasi smartphone Anda, hal itu justru bisa membuat baterai smartphone rusak.

Anda juga lebih baik jangan terlalu sering menggunakan powerbank untuk mengisi daya baterai, karena panas dari powerbank bisa merusak smartphone Anda. Gunakanlah powerbank jika dalam kondisi benar-benar mendesak, agar kondisi baterai juga tetap terawat baik.

 

2.   Bersihkan Debu yang Menempel di Smartphone

Selanjutnya, Anda juga sebaiknya rutin membersihkan debu yang menempel di smartphone. Sebab, debu yang mengendap di smartphone nyatanya bisa membuat perangkat menjadi lebih mudah panas.

Untuk itu, ada baiknya Anda rutin membersihkan smartphone milik Anda, agar kinerjanya tetap cepat dan tidak gampang eror.

Jika ingin membersihkan smartphone, Anda bisa menggunakan lap microfiber atau lap kacamata, agar hasilnya lebih maksimal. Ingatlah untuk tidak menggunakan tisu, karena serat-seratnya bisa tertinggal di sela-sela smartphone.

 

3.   Hindari Penggunaan Smartphone di Tempat Panas

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menghindari penggunaan smartphone di ruang terbuka yang panas. Sebaiknya gunakan smartphone Anda di ruangan yang memiliki suhu 16 sampai 30 derajat Celcius.

Biasanya, buku panduan yang terdapat dalam boks ketika kita membeli smartphone juga akan menganjurkan untuk melakukan hal tersebut, agar smartphone tidak terpapar langsung oleh matahari dan tetap awet. Jadi, pastikan Anda menggunakan atau menyimpan smartphone di tempat yang cukup aman.

Ruangan yang tertutup dan bersuhu normal biasanya akan lebih mampu menjaga performa smartphone, dibanding jika HP Anda sering terpapar sinar matahari.

 

4.   Isi Daya Sesuai Kebutuhan

Anda termasuk orang yang sering mengisi daya HP dalam waktu berjam-jam? Jika iya, sebaiknya kebiasaan tersebut segera dihilangkan.

Sebab, jika Anda mengisi daya HP terlalu lama, baterai smartphone Anda justru bisa mengalami penurunan kapasitas. Hal ini karena baterai smartphone berbahan lithium ion yang kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan tinggi. Untuk itu, sebaiknya Anda jangan mengisi daya hingga 100 persen, agar baterai smartphone Anda tetap bertahan lama.

Selain itu, jika lapisan lithium metalik baterai terus mendapat arus listrik, hal ini bisa bisa memicu baterai menjadi tidak stabil. Bahkan lebih parahnya, baterai smartphone bisa menjadi menggembung jika dibiarkan terlalu lama.

 

5.   Jika Performa Menurun, Hapus Aplikasi Tidak Penting

Sering mengalami slow response atau lambat ketika membuka aplikasi? Jika iya, salah satu penyebabnya mungkin berhubungan dengan aplikasi yang memakan CPU dan RAM cukup besar. Jika sudah begini, kinerja HP memang akan menurun.

Untuk itu, ada baiknya Anda segera mengecek apakah aplikasi yang di-install di HP Anda semuanya digunakan. Sebab, cara lainnya agar HP atau smartphone Anda tetap awet adalah menghapus aplikasi tidak penting jika performa menurun.

Anda bisa melihat-lihat aplikasi mana saja yang jarang digunakan dan menghapusnya. Selain itu, pikirkan juga jika Anda ingin meng-install aplikasi, apakah akan sering digunakan atau tidak. Jika tidak, lebih baik Anda tidak meng-install aplikasi tersebut, agar performa smartphone Anda tetap terjaga dengan baik.

 

6.   Gunakan Screen Protector agar Layar Awet

Tidak hanya masalah baterai atau OS, layar juga kadang kala menjadi permasalahan jika kita tidak merawatnya dengan baik. Jika teledor, tak jarang layar akan rean cacat. Selain itu, screen protector juga bisa menyelamatkan layar LCD Anda jika smartphone tidak sengaja terjatuh.

Nah, itu dia deretan tips yang bisa Anda terapkan, agar smartphone tetap awet. Jika Anda sedang berencana mencari smartphone terbaru, tak ada salahnya mencari di e-commerce seperti Blibli. Sebab, di Blibli Anda bisa mendapatkan smartphone dengan kualitas terbaik dan jaminan toko terpercaya. ***

Artikel Terkait