Piala Dunia Qatar 2022

Gavi, Remaja 18 Tahun Yang Siap Acak-Acak Pertahanan Jerman

Oleh : Rulin Purba - Minggu, 27/11/2022 20:18 WIB

Gavi, pemain masa depan Spanyol. (Foto: ist)

indonews (Qatar) - Bigmatch Spanyol-Jerman salah satu yang ditunggu di ajang Qatar 2022. Jerman harus menang untuk menjaga asa ke babak berikutnya.

Spanyol memasuki laga di Al-Bayt Stadium, Senin (28/11) pukul 02.00 WIB, dengan kepala tegak berkat kemenangan fantastis 7-0 atas Kosta Rika. Sebaliknya dengan Jerman yang di luar dugaan ditekuk Jepang.

Kemenangan Kosta Rika 1-0 atas Jepang pada Minggu (27/12) membuat Jerman semakin dituntut menang atas Spanyol. Dan, Spanyol dengan surplus 7 gol yang ada saat ini relatif lebih aman dan nyaman melakoni laga.

Kenyamanan itu membuat pelatih Spanyol  Luis Enrique merasa mantap menurunkan kembali Pablo Martin Gavira, atau akrab dipanggil Gavi, pemain Spanyol yang baru berusia 18 tahun.

Saat dipercaya Enrique turun dalam partai lawan Costa Rica lalu maka itu adalah debut di ajang Piala Dunia yang tak disia-siakan Gavi. Pemain klub Barcelona itu layak menyandang kostum bernomor 9 karena selain ikut mengatur serangan, ia juga mencetak gol. Gol pertamanya di Piala Dunia. Dan, satu hal lagi, ia jadi pemain termuda kedua setelah Pele (Brasil) yang sukses bikin gol di turnamen antar negara ini.

Melawan Jerman nanti, Enrique pastikan pasang Gavi lagi di depan untuk memberinya lebih banyak pengalaman. Player of the Match yang diperoleh Gavi saat melawan Kosta Rika sudah sangat jelas mengatakan kelayakan dirinya masuk 11 pemain starter Spanyol

"Saya sudah bertahun-tahun mengenalnya. Sungguh menakjubkan di usianya yang baru 18 tahun sudah bisa bersaing dengan pemain senior. Saya juga harus menonjolkan kecerdasannya dalam memposisikan dirinya, kualitas individunya, ambisinya dan tentu saja skill dan kemampuan fisiknya," puji Enrique.

Menariknya, Enrique juga siap menurunkan Ansu Fati lawan Jerman nanti. Rekan setim Gavi di Barca berumur 20 tahun itu tak merumput di partai lawan Costa Rica. Dengan sinar terang Gavi saat ini, Enrique yakin berdampak positif untuk mengangkat semangat dan kepercayaan diri Fati.

"Waktunya pemain muda sudah tiba, harus dimanfaatkan sebaik mungkin," tegas Enrique.

Pasti menarik  menunggu apa yang bisa dilakukan duet para remaja itu ke kubu Jerman. Waktunya tinggal beberapa jam lagi. (rnp)

 

 

 

Artikel Terkait