Piala Dunia Qatar 2022

Tanpa Neymar, Brasil Pastikan Tiket ke Babak 16 Besar

Oleh : Rulin Purba - Selasa, 29/11/2022 01:17 WIB

Brasil versus Swiss, satu tiket ke 16 Besar untuk tim Samba. (Foto: aljazeera)

infonews (Qatar) - Daya gempur lini depan Brasil memang kurang tajam tanpa kehadiran Neymar Jr. Butuh waktu 82 menit untuk mencetak gol tunggal ke gawang Swiss lewat Casemiro.

Hanya satu gol. Tapi, itu cukup buat pasukan Tite meraih tiket ke fase 16 Besar. Brasil memimpin klasemen Grup G dengan poin penuh, 6, berkat kemenangan atas Serbia dan Swiss.

Ini sekaligus tiket kedua ke 16 Besar setelah sebelumnya Prancis menjadi negara pertama peraih tiket ke 16 Besar.

Pertandingan terakhir Brasil di fase grup berlangsung melawan Kamerun pada Sabtu (3/12) dinihari WIB. Kamerun yang baru saja bermain imbang 3-3 melawan Serbia masih punya peluang meraih 1 tiket asalkan menang lawan Brasil dan saat sama Swiss kalah dari Serbia. Serbia juga punya kans sama jika menang atas Swiss. Hanya selisih gol yang akan menentukan Serbia atau Kamerun yang maju dalam situasi seperti itu.

Tapi, dibanding kedua negara tersebut, peluang Swiss jelas lebih afdol mendampingi Brasil ke babak knockout. Dengan koleksi 3 poin atas kemenangan versus Kamerun, Swiss hanya perlu hasil imbang melawan Serbia jika Brasil mengalahkan Kamerun.

Tapi, pelatih Swiss Murat Yakin tentu tak bisa menggantungkan nasib skuadnya dari perrandingan Brasil-Kamerun. Timnya harus menggulung Serbia untuk memastikan diri ke 16 Besar. Terlebih karena laga mereka dengan Serbia berlangsung pada hari dan jam yang sama dengan partai Brasil - Kamerun. Tak ada waktu mengintip hasil di lapangan sebelah.

Dengan demikian maka masa istirahat Neymar bisa diperpanjang agar benar-benar siap tarung di babak 16 Besar.  

Seperti kata Neymar sebelumnya, masih ada beberapa pertandingan Brasil untuk mencapai final pada 18 Desember. Dan, ia pasti kembali. (rnp)

 

Artikel Terkait