Piala Dunia Qatar 2022

Belanda Wajib `Jajah` Qatar Untuk Hindari Inggris di Laga 16 Besar, Hal Sama Jadi Target Ekuador

Oleh : Rulin Purba - Selasa, 29/11/2022 17:21 WIB

Perjuangan terakhir Belanda malam ini, memastikan posisi sebagi pemimpin Grup A. (Foto: fifa)

indonews (Qatar) - Malam ini, Selasa (29/11) pukul 22.00 WIB, hanya ada dua laga Piala Dunia Qatar 2022. Partai penentuan di Grup A untuk mendapatkan dua tiket ke babak 16 Besar. Masih seru, pastinya!.

Di Al-Bayt Stadium, Al-Khor, Belanda akan menghadapi tuan rumah Qatar. Cukup seri saja Belanda sudah dapat tiket ke 16 Besar apapun hasil pertandingan Ekuador dan Senegal pada saat sama di Stadion Khalifa International, Al-Rayyan. 

Melawan tim lemah Qatar yang sudah kalah dua kali, Belanda tetap datang sebagai penjajah untuk merebut kemenangan dengan jumlah gol sebanyak mungkin. Penting bagi Belanda untuk tetap jadi pemimpin Grup A agar terhindar dari kemungkinan bertemu tim Inggris di laga 16 Besar.

Jleas tak mudah buat Belanda. Pelatih Qatar Felix Sanchez sudah ingatkan pemainnya untuk memanfaatkan laga terakhir menunjukkan kemampuan yang dimiliki pemain tuan rumah sebagai jawara Asia. Para pemain Qatar tampil tanpa beban. mengalahkan atau minimal menahan imbang Belanda, menurut Sanchez, sudah akan jadi prestasi istimewa buat skuadnya.

Gemuruh persaingan keras juga dipastikan ada dalam laga Ekuador dan Senegal. Seperti Belanda, Ekuador juga memiliki poin sama (4) dengan keungguan gol yang sama, 2. Artinya, hasil imbang melawan Senegal yang baru memiliki poin 3, sudah cukup buat Ekuador meraih satu tiket. Tapi, mereka juga berharap menjadi pemimpin klasemen Grup A untuk menghindari laga melawan Inggris. Karena itu  Ekuador harus kalahkan Senegal dengan selisih gol signifikan.

Tapi, tak seperti Belanda yang di atas kertas bukan lawan sepadan buat Qatar, sebaliknya Enner Valencia dkk akan hadapi perlawanan hidup-mati Senegal karena singa Afrika ini masih punya peluang ke 16 Besar dengan syarat mengalahkan Ekuador. 

Faktor Inggris membuat Belanda masih harus turunkan skuad terbaik melawan Qatar yang sebenarnya sudah terkapar. Tak lain untuk jumlah gol yang lebih banyak untuk berjaga-jaga jika Ekuador pun meraih kemenangan atas Senegal. 

Senegal sendiri tak punya pilihan lain kecuali mengalahkan Ekuador untuk menemani Belanda ke babak 16 Besar. Buat Kalidou Koulibaly dkk itu yang terpenting, tak peduli siapa pun yang bakal dihadapi nanti pada babak berikutnya.

So, menarik menant tim mana pada malam ini yang akan menemani Belanda ke babak 16 Besar? (rnp)

 

 

 

 

Artikel Terkait