Piala Dunia Qatar 2022

Belanda dan Senegal Raih Tiket ke 16 Besar, Ekuador Tersingkir Dramatis

Oleh : Rulin Purba - Rabu, 30/11/2022 04:15 WIB

Selebrasi Senegal dalam partai penentuan lawan Ekuador. (Foto: ist)

indonews (Qatar) - Bermain cenderung santai, Belanda raih tiket ke babak 16 Besar menyusul Prancis, Brasil dan Portugal. Beda dengan tiket Senegal yang didapuk secara dramatis versus Ekuador.

Kemenangan 2-0 atas Qatar di Al-Bayt Stadium pada Selasa (29/11) malam ini membawa Belanda jadi pemimpin Grup A dengan total poin 7. Gol dicetak Cody Gakpo dan Frenkie de Jong. Dua-duanya lewat assist pemain tengah Davy Klaassen.

Ini kali ke-18 Belanda tak terkalahkan sejak persiapan ke Piala Dunia 2022. Lawan yang mereka tunggu di fase 16 Besar adalah runner up Grup B yang beberapa jam lagi akan ditentukan.

Laga lain di Grup A antara Ekuador dan Senegal juga berebut tiket lanjutan. Bermodalkan 4 poin sebelum kick-off, Ekuador hanya butuh hasil draw untuk mengunci tiket karena Senegal baru mengantongi 3 poin.

Tapi, justru karena itu Senegal bermain gila-gilaan dengan terus menyerang memburu kemenangan. Dan, hasilnya didapat pada menit 44 lewat gol Ismaila Sarr dari titik penalti.

Masuk babak kedua Enner Valencia meningkatkan tensi permainan. Mereka sukses menyamakan kedudukan 1-1 lewat Moises Caicedo pada menit 67.

Dan, puncaknya, kapten Senegal Kalidou Koulibaly membungkam fans Ekuador lewat gol tandukan kepalanya pada menit 70. Skor 2-1 untuk Senegal bertahan hingga akhir pertandingan. Senegal menemani Belanda ke 16 Besar, prestasi yang sebekumnya sudah 2 kali diraih Singa Afrika ini di ajang Piala Dunia.

Ujian berat beikutnya menanti Senegal di laga 16 Besar karena kemungkinan besar lawannya adalah Inggris yang dijagokan jadi pemimpin Grup B. (rnp)

 

 

 

Artikel Terkait