Piala Dunia Qatar 2022

Situasi Genting, Ini Yang Dibutuhkan Messi Untuk Bertahan di Qatar

Oleh : Rulin Purba - Rabu, 30/11/2022 20:04 WIB

Lionel Messi, menuju laga penentuan versus Polandia. (Foto: sportsmule)7

indonews (Qatar) - Lionel Messi sudah pastikan ini laga Piala Dunia terakhirnya. Apakah benar-benar berakhir malam ini akan sangat bergantung pada Polandia dan Arab Saudi.

Nasib mega bintang Argentina itu dan kawan-kawannya ditentukan pada laga versus Polandia di 974 Stadium, Doha,  pada Kamis (1/12) pukul 02.00 WIB. Tak ada cara lain untuk melangkah ke fase berikutnya selain memetik poin penuh melawan Polandia.

Jika hasil imbang maka nasib Albiceleste bergantung pada laga Arab Saudi - Meksiko pada waktu sama di Lusail Stadium. Meksiko atau Arab Saudi harus saling mengalahkan untuk maju ke 16 Besar dengan catatan Argentina dan Polandia pun saling mengalahkan. 

Posisi klasemen Grup C saat ini adalah Polandia (4 poin), Argentina dan Arab Saudi (3) dan Meksiko 1. Artinya posisi Polandia pun belum aman jika kalah dari Argentina sementara Arab Saudi  menang atas Meksiko.

Argentina memang difavoritkan dalam laga versus Polandia. Tapi, kasus kekalahan dari Arab Saudi di laga perdana maka status favorit itu bisa tak ada artinya. Pelatih Argentina Lionel Scaloni menegaskan ia sangat fokus meracik strategi tim karena Polandia bersama penyerang andal Robert Lewandowski sama sekali tak bisa dianggap remeh. Dan, ia yakin Messi sangat siap menuju laga ini.

Buat Polandia dan Argentina, kemenangan nanti malam sangat penting bukan saja untuk lolos ke 16 Besar, tapi juga menghindari bentrok dengan Prancis di fase 16 Besar.

Messi sendiri, seperti sebelum melawan dan mengalahkan Meksiko, sangat percaya diri untuk membawa Argentina terus melaju di Qatar 2022. 

"Pertandingan ini seperti piala dunia tersendiri. Kami siap," tegas Messi yang bermain penuh saat lawan Arab Saudi dan Meksiko, dan itu adalah tanda penting kesiapan fisiknya di laga penentuan ini setelah sebelumnya didera cedera pergelangan kaki.

Banyak yang bilang Polandia hanya perlu 'mematikan' Messi untuk memenangkan pertandingan. Pelatih Polandia Cjeslaw Michniewicz mendengar hal itu tapi tidak sepakat.

"Anggapan itu sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Tapi, saya pikir tidak akan pernah ditemukan cara untuk mematikan langkahnya," katanya.

Seperti Messi, ini juga laga terakhir Lewandowski di tim nasionalnya. Malam ini mereka berdua punya kesempatan untuk tetap melaju ke fase berikut. Tapi, juga tak tertutup kemungkinan salah satu dari mereka harus tinggalkan Qatar 2022 lebih dini. (rnp)

 

 

 

Artikel Terkait