Piala Dunia Qatar 2022

Baru 10 Negara Lolos ke 16 Besar dan Hari Ini Nasib 3 Negara Dipertaruhkan

Oleh : Rulin Purba - Kamis, 01/12/2022 13:24 WIB

Skuad Belgia malam penentuan pulang atau tetap di Qatar 2022. (Foto: dailysabah)

indonews (Qatar) - Australia, Argentina dan Polandia menjadi rombongan terbaru yang sukses menuju babak 16 Besar Paiala Dunia Qatar 2022. Menyusul 7 negara yang sebelumnya sudah dapatkan tiket. Siapa yang menyusul pada Kamis (1/12) malam nanti?

Tujuh negara yang sebelumnya sudah mendapuk tiket adalah Prancis, Brasil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggris, dan AS, 

Hari ini berlangsung partai terakhir di Grup F. Tiga tim  memperebutkan dua tiket yang masih tersedia. Mereka adalah Kroasia, Maroko dan Belgia. Kanada sudah tersingkir dari grup ini lantaran dua kali kalah dalam dua laga awal. Kekalahan ketiga bisa jadi akan mereka terima pada laga terakhir melawan Maroko malam nanti. 

Tak ada lagi yang harus diperjuangkan Kanada. Itu bisa jadi jalan semakin mudah buat Maroko mendapuk tiket. Berada di peringkat 2 klasemen saat ini (sama-sama punya 4 poin bersama Kroasia maka Maroko hanya butuh hasil imbang melawan Kanada untuk melaju ke fase berikutnya.

Sama dengan Kroasia.  Cukup imbang melawan Belgia.

Sebaliknya bagi Romero Lukaku. Punggawa Belgia itu harus memimpin The Red Devils untuk fight keras megalahkan Kroasia.  Hanya itu cara yang ada untuk dapatkan tiket. Bila imbang memang masih ada peluang bagi Belgia meski ibarat pepatah pungguk merindukan bulan. Itu hanya bisa terwujud jika Kanada saat sama mengalahkan Maroko dengan selisih 6 gol. Apa mungkin?

Belgia yang awalnya jadi favorit di Grup F justru kini berada di pinggir jurang. Tugas berat pelatih Roberto Martinez untuk meracik strategi khusus melawab Kroasia sembari berharap Lukaku semakin bugar untuk memimpin baria depan.

"Beginilah Piala Dunia, status favorit hanya istilah di luar lapangan," kata Martinez usai kalah mengejutkan 0-2 dari Maroko.

Malam nanti mungkin saja pasukannya yang mengejutkan kubu Kroasia. Atau sebaliknya mengejutkan fans sepakbola sejagat karena angkat koper pada saat tidak semestinya? (rnp)

 

Artikel Terkait