Piala Dunia Qatar 2022

Heboh Gol Jepang ke Gawang Spanyol Yang Justru Menyingkirkan Jerman, Ternyata Begini Aturannya!

Oleh : Rulin Purba - Jum'at, 02/12/2022 11:24 WIB

Posisi bola saat ditarik kembali ke lapangan, FIFA sebut garis lengkung bola masih di dalam garis putih. (Foto: ist)

indonews (Qatar) - Gol kedua Jepang pada pertandingan versus Spanyol masih saja heboh di blantika sepakbola dunia, apalagi di media sosial. Maklum, dampaknya sangat besar. Selain menyingkirkan Spanyol dari posisi pemimpin grup, gol kontroversial itu juga memulangkan timnas Jerman.

Gol kedua Jepang dicetak Ao Tanaka pada menit 51. Muncul protes pemain Spanyol bahwa bola sudah terlebih dahulu keluar lapangan sebelum diumpankan kepada Tanaka. Penonton siaran langsung di televisi pun banyak berkomentar sama, bola sudah out.

Setelah meninjau ulang lewat teknologi VAR (Video Assistant Referee), wasit mensahkan gol tersebut. Memunculkan kontroversi berkepanjangan. Satu gol itu membuat Spanyol gagal jadi pemimpin Grup E, jadi runner up di bawah Jepang yang jadi pembawa bencana di grup yang sejak awal disebt sebagai grup neraka. Gol itu juga yang kemudian menyingkirkan tim Jerman ke laga 16 Besar alias segera pulang ke negerinya, meski saat sama menang 4-2 atas Kosta Rika.

Jerman yang juga dikalahkan Jepang di laga perdana berada di peringkat 3 dengan poin sama dengan Spanyol, 4. Tapi, Spanyol yang lolos ke fase 16 Besar karena memiliki keunggulan gol lebih bagus dari Jerman, masing-masing surplus 6 dan 1.

Benarkah bola sudah out sebelum diumpan menjadi gol? Masih bisakah wasit dan VAR dipercaya? Begini penjelasan FIFA.

Meski di media sosial bermunculan gambar yang menyebut bola sudah di luar garis, FIFA secara tegas menyebut bola belum sepenuhnya ke luar lapangan. Aturan menyebutkan bola belum kelua lapangan jika masih ada garis singgungnya yang menyentuh garis. Dan, itulah yang terjadi pada gol Tanaka dan disahkan wasit.

FIFA mengklaim bahwa `kelengkungan bola` masih berada di garis sehingga belum sepenuhnya keluar lapangan pada permainan tersebut. Hukum permainan menyebut bola dinyatakan out jika seluruhnya sudah keluar dari garis.

Pelatih Jerman Hansi Flick dan federasi sepakbola Jerman tentu paham aturan itu sehingga tidak lakukan protes resmi. Hanya saja para pendukung dan `pengamat` sepakbola yang masih mempersoalkannya. 

"Kami sduah berjuang keras dan menang atas Kosta Rika, tapi ternyata itu sama sekali tak cukup,` kata Flick yang di media sosial harus terima cibiran pedas. (rnp)

 

 

Artikel Terkait