Piala Dunia Qatar 2022

Kalahkan Portugal dan Uruguay, Korsel Raih Tiket dan Kehormatan Asia ke 16 Besar

Oleh : Rulin Purba - Sabtu, 03/12/2022 01:55 WIB

Tim Korsel merayakan keajaiban usai kalahkan tim favorit Portugal. (Foto: theatleric) Portugal

indonews (Qatar) - Lagi-lagi tim Asia bikin drama di Piala Dunia Qatar. Kali ini oleh timnas Korsel yang mengalahkan Portugal 2-1 sekaligus mengubur mimpi Uruguay ke babak 16 Besar.

Seperti Jepang yang sukses mengalahkan Spanyol dan mengirim Jerman pulang kampung, begitu pula cara Korsel mengirim Uruguay angkat koper dari Qatar 2022. Kemenangan 2-1 atas Portugal membuat Korsel yang menemani Cristiano Ronaldo dkk ke 16 Besar karena unggul dalam perolehan gol atas Uruguay.

Saat sama Uruguay mengalahkan Ghana 2-0 yang dua-duanya dicetak di babak pertama. Karena itu saat Portugal vs Korsel berkedudukan 1-1 maka Uruguay yang menjadi pendamping Portugal.

Dan, seperti Jepang, spirit Korsel tak pernah padam. Pelatih Korsel Paulo Bento yang justru warga Portugal pun terus memberi instruksi dari tribun penonton karena tengah dihukum tak bisa dampingi timnya di pinggir lapangan.

Saat itu Korsel butuh tambahan gol agar bisa mengandaskan Uruguay menjadi rumner up Grup H. Dan, gol itu datang pada menit perpanjangan waktu lewat kaki Hwang Hee-Chan lewat serangan balik yang keren. Suasana di dua stadion berbeda pun mencekam. Korea Selatan dan fans harus menunggu hasil akhir Uruguay yang juga butuh 1 tambahan gol di menit-menit terakhir. Di lapangan berbeda,  Uruguay lakukan serangan sporadis tapi hingga detik terakhir tak juga ada tambahan gol. Barulah Korsel dan pendukungnya lakukan selebrasi meriah.

Bento yang mengalahkan negaranya sendiri pun ikut larut dalam euforia, sukses membawa Korsel ke 16 Besar dan akan berhadapan dengan tim Brasil.

Sebelum pertandingan, Bento bilang butuh keajaiban untuk lolos ke 16 Besar. Selain harus menang lawan Cristiano Ronaldo cs, hasil pertandingan Uruguay dengan Ghana juga berpengaruh.

Dan, ternyata keajaiban itu datang di Education City Stadium, Doha, pada Kamis (2/12) malam. Tak ada yang tahu pada laga versus Brasil nanti masih ada keajaiban atau tidak.

Tim Asia bisa jadi bukan kandidat juara di edisi Piala Dunia kali ini. Tapi, kemenangan yang bisa dipetik Saudi Arabia atas Argentina, sukses Jepang menekuk Jerman dan Spanyol, serta kemenangan Korsel atas Portugal jelas jadi daya tarik tersendiri. Karena semua kemenangan itu diraih dengan perjuangan keras dan permainan berkualitas. Bravo Asia! (rnp)

 

 

 

 

 

Artikel Terkait