Piala Dunia Qatar 2022

Sensasi Goncalo Ramos: Pemain 21 Tahun Pengganti Ronaldo, Hattrick-nya Bikin Gemas PSG

Oleh : Rulin Purba - Rabu, 07/12/2022 04:41 WIB

Goncalo Ramos, bintang muda pengganti CR7 di skuad Portugal. (Foto: as)

indonews (Qatar) - Bukan Cristiano Ronaldo, tapi pemain muda Goncalo Ramos (21 tahun) yang jadi bintang kemenangan telak Portugal atas Swiss di laga terakhir babak 16 Besar Qatar 2022, Rabu (7/12) dinihari WIB.

CR7 dibangkucadangkan pelatih Fernando Santos gara-gara kemarahan CR7 saat digantikan pada pertandingan versus Korsel lalu. Ini kali pertama pemain istimewa Portugal ini tak masuk starting eleven negaranya sejak 2008.

Itu membuka jalan buat Ramos menjalani debutnya di timnas senior Porrugal. Kesempatan yang tak disia-siakan pemain klub Benfica itu. Pemain muda ini langsung mencetak gol pertamanya pada menit ke-16. Lantas disusul dua gila berikutnya pada menit 50 dan 66. Ada beberpa peluang lain miliknya yang sayang tak bisa dikonversi nenjadi gol.

Tapi, Ramos sudah bikin sensasi. Ia pemian pertama yang sukses bikin hattrick di Qatar 2022. Dan, ia pun langsung digadang-gadang sebagai pemain paling layak menggantikan Ronaldo, pada sisa laga di turnamen ini maupun setelah CR7 pensiun dari timnas.

Sensasi itu juga yang langsung bikin gemas klub elit Prancis, Paris Saint Germany (PSG). Klub Lionel Messi, Neymar dan Kylian Mbappe itu dikabarkan siap menampung Ramos seusai Qatar 2022.

Setidaknya begitulah isu yang disemburkan Fabrizio Romano, jurnalis yang akrab dengan isu-isu tranfer di liga Eropa lewat media sosialnya. Selama ini sebagian besar ulasannya terbukti benar adanya.

Sayangnya, aksi lanjutan Ramos terhenti di menit ke-73. Tak lain karena pelatih menariknya keluar dan digantikan Ronaldo. Penggantian yang di ajang medsos langsung dikecam banyak orang. Semuanya ingin melihat sepak terjang Ramos hingga detik terakhir pertandingan.

Tiga gol Portugal lainnya dicetak oleh Pepe (menit 32), Raphael Guerrio (54), dan Rafael Leao (91). Gol semata wayang Swiss dicetak Manuel Alkanji di menit 57.

Gol milik Pepe punya kisah tersendiri karena dicetak pada usia 39 tahun 283 hari. Artinya, ia jadi pemain tertua kedua yang bisa cetak gol di ajang Piala Dunia. Di bawah Roger Milla (Kamerun) yang mencetak gol ke gawang Rusia di Piala Dunia 1994, dalam usia 42 tahun 39 hari.

Portugal akan menghadapi Maroko di babak 8 Besar. Negeri ini juga bsru saja bikin sensasi dengan mengalahkan Spanyol di laga 16 Besar.

Penantian menariknya, apakah Santos berani kembali mencadangkan Ronaldo dan memasang Ramos kembali? (rnp)

 

 

 

 

Artikel Terkait