Piala Dunia Qatar 2022

Messi Tak Berubah Pikiran, Tetap Pensiun Usai Laga Final Pada Minggu Nanti

Oleh : Rulin Purba - Rabu, 14/12/2022 20:43 WIB

Lionel Messi, saatnya pergi setelah tampil di 5 Piala Dunia sejak 2006. *Foto: theindependent)

indonews (Qatar) - Bintang Argentina Lionel Messi kembali menegaskan dirinya akan pensiun dari timnas Argentina seusai final Qatar 2022, Minggu (18/12) nanti. Saat ini berumur 35 tahun, ia tak yakni mampu bersaing untuk Piala Dunia 2026.

"Saya sudah sangat senang mencapai hasil di sini, menyelesaikan perjalanan Piala Dunia saya dengan memainkan pertandingan terakhir di final. Menyelesaikan seperti ini, itulah yang terbaik. Masih bertahun-tahun lagi untuk Piala Dunia berikutnya, saya rasa tak akan mampu melakukakannya," kata Messi kepada media Argentina Diario Deportivo Ole.

Partai terakhir itu akan menjadi penampilan ke-172-nya di tim nasional dengan catatan berbagai rekor personal. Usai mengalahkan Kroasia 3-0 di semifinal kemarin, Messi menjadi pemain Argentina terbanyak mencetak gol di Piala Dunia dengan koleksi 11. Melampaui Gabriel Batistuta (10) dan Maradona (8). Ia juga tampil 5 kali di pentas Piala Dunia, melampaui Maradona dan Javier Mascherano, masing-masing 4.

"Semua rekor itu baik dan bagus. Tapi, yang terpenting adalah mencapai tujuan tim: juara dunia."

Ya, dalam empat penampilan piala dunia terdahulu, Messi memang gagal membawa timnya jadi juara dunia. Kesempatan terbaik terbuka pada 2014, sayangnya mereka dikalahkan tim Jerman di laga final. Karena itu jika di Qatar 2022 ia bisa merebut gelar buat Argentina maka itu adalah momen terbaik yang ia tunggu untuk meninggalkan timnas.

"Kami hanya selangkah lagi, tinggal 90 menit permainan. Kami bekerja sangat keras mencapai hal ini. Dan, kami akan memberikan segalanya untuk mewujudkannya," tegas pemain klub Paris Saint Germany itu.

Lawan Argentina di final ditentukan oleh laga semifinal lainnya antara Prancis dan Maroko yang dimainkan pada Kamis (15/12) pukul 02.00 WIB nanti. Siapa pun itu, Messi dkk sudah siap dan percaya diri.

Dan, setelah ia pensiun, maka nomor punggung 10 miliknya pasti akan jadi rebutan para penyerang tim Argentina. (rnp)

 

 

Artikel Terkait