Piala Dunia Qatar 2022

Melawan Prancis Malam Ini, 7 Rekor Istimewa Menanti Lionel Messi

Oleh : Rulin Purba - Minggu, 18/12/2022 13:40 WIB

Skuad Argentina di Qatar 2022, bersatu dan mengabdi kepada Lionel Messi. (Foto: ist)

indonews (Qatar) - Kapten Argentina Lionel Messi menunjukkan performa puncaknya di turnamen Qatar 2022. Ia memainkan peran dan pengaruh penting mengantar Argentina ke babak final.  Ia kini incar rekor istimewa  pada final Minggu (18/12) ini versus Prancis.  Apa saja?

Sebagai pesepakbola profesional, sudah bejibun rekor yang ditorehkan Messi. Khususnya di FC Barcelona, klub Spanyol dimana ia memulai karir sepakbolanya dengan cara meninggalkan negeri dan teman-teman bermainnya ke Spanyol dalam usia 13 tahun. Sayang, pertengahan tahun 2021 lalu ia harus `dijual` ke PSG Prancis karena Barcelona kesulitan finansial.

Messi sudah menawarkan potong gaji agar tetap bisa bertahan di sana, namun tak juga mampu disanggupi Barcelona.

Di ajang Piala Dunia atas nama Argentina, Messi juga sudah punya beberapa rekor dalam lima edisi FIFA World Cup yang ia lakoni. Antara lain sebagai pencetak gol terbanyak Argentina di Piala Dunia (11), melampaui Gabriel Batistuta (10) dan Diego Maradono (8).

Tentu saja belum tuntas, karena di laga melawan Prancis malam ini masih ada 7 rekor istimewa yang menantinya. Ini dia:

1. Kemenangan terbanyak seorang pemain di Piala Dunia

Messi telah memenangkan 16 pertandingan di turnamen Piala Dunia yang dia ikuti. Jika Argentina memenangkan final, itu menjadi kemenangan ke-17. Membuatnya sama dengan pemegang rekor selama ini, legenda Jerman Miroslav Klose.  

2. Penampilan terbanyak di Piala Dunia

Jumat lalu Messi diisukan cedera hamstring dan tanda tanya bisa atau tidak tampil di final. Jika ia tampil di final malam ini, ia akan menjadi pemegang rekor baru dengan penampilan piala dunia terbanyak. Melebihi rekor selama ini yang dipegang Lothar Matthaus (Jerman) dengan 25 penampilan.

3. Menit bermain terbanyak di Piala Dunia

Legenda Italia Paolo Maldini telah memainkan menit terbanyak dalam sejarah Piala Dunia: 2.217 menit. Messi telah tampil 2.194 menit dan siap untuk mengklaim rekor di final. Hanya 23 menit perbedaan antara keduanya.

4. Assist terbanyak di Piala Dunia

Messi telah mencatatkan sembilan assist dalam pertandingan Piala Dunia FIFA hingga saat ini.
Saat ini, legenda Brasil Pele duduk di puncak dengan sepuluh assist atas namanya. Jika Messi berhasil membantu rekan satu timnya dalam
mencetak setidaknya dua gol di final, ia akan mengklaim rekor baru.

5. Berbagai penghargaan Bola Emas

Striker Argentina ini dianugerahi Golden Ball di Piala Dunia 2014. Golden Ball diberikan kepada pemain serba bisa terbaik dalam edisi Piala Dunia. Messi adalah salah satu favorit untuk mendapatkan kehormatan kali ini juga. Jika ia berhasil memenangkan penghargaan dambaan itu maka ia akan jadi pemain pertama yang memenangkan dua Golden Ball.

6. Pemenang Sepatu Emas dan Bola Emas di Piala Dunia

Selain Bola Emas, ada penghargaan lain yang disebut Golden Boot (Sepatu Emas) yang diberikan
kepada pencetak gol terbanyak. Hanya tujuh pemain yaitu Leônidas da Silva (1938), Garrincha (1962), Ronaldo
(Bola Emas 1998, Sepatu Emas 2002), Paolo Rossi (1982), Salvatore Schillaci (1990), dan mantan bintang Argentina Mario Kempes (1978)
yang memiliki kehormatan unik dianugerahi Sepatu Emas dan Bola Emas. Messi punya potensi menjadi yang ke-8. 

7. Kontribusi gol terbanyak

Messi memiliki 20 kontribusi gol (11 gol dicetak sendiri dan sembilan assist) di turnamen Piala Dunia FIFA. Legenda
Brasil, Pele, memegang rekor dengan kontribusi 22 gol (termasuk 12 gol dan 10 assist) di semua edisi yang ia ikuti. Oleh karena itu, Messi memiliki peluang untuk melampaui atau menyamai penghitungan Pele.

Ini kesempatan terakhir Messi meraih rekor di Piala Dunia karena seusai Qatar 2022 ia akan pensiun dari tim nasional Argentina. Dengan soliditas tim yang sudah terbangun, Messi diharapkan mampu mewujudkan cita-citanya, terlebih untuk membawa negerinya menjadi juara dunia untuk kali pertama di eranya. Ya, dalam 4 penampilan sebelumnya, ia gagal membawa Tim Tango menjadi juara.

"Semua catatan (rekor) itu baik dan bagus. Tapi, di atas segalanya, yang paling penting adalah gelar juara untuk negara saya," komentar Messi.

Sanggupkah Messi?

Seharusnya ya! Seluruh pemain Argentina di Qatar 2022 sudah bertekad bulat untuk mengantar Messi menjadi pemain terbesar sepanjang sejarah piala dunia. 

"Leo punya andil dan pengaruh sangat besar dalam tim ini. Kami mengabdi kepadanya," sebut Emiliano Martinez, kiper Argentina, sebagai wujud dukungan penuh untuk Messi menggapai cita-cita. (rnp)

 

 

 

 

Artikel Terkait