Piala Dunia Qatar 2022

4 Tahun Lagi, 4 Negara Afrika Ini Bisa Tampil di Final Piala Dunia

Oleh : Rulin Purba - Kamis, 22/12/2022 19:44 WIB

Sukses Maroko di Qatar 2022 membuka pintu tim Afrika menuju final Piala Dunia 2026. (Foto: ist)

indonews (Afsel) - Sukses Maroko mencapai semifinal Piala Dunia 2022 membuka mata sekaligus membuka jalan negara-negara Afrika mencapai final Piala Dunia 2026 yang berlangsung di AS, Kanada dan Meksiko.

Keyakinan itu diapungkan Ketua Federasi Sepakbola Afrika (CAF) Patrice Motsepe pada konferensi pers di Johannesburg, Afsel, pada hari Rabu (22/12).

"Maroko membuka pintu dengan mencapai semifinal di Qatar. Saya yakin negara Afrika akan melangkah lebih jauh di Piala Dunia berikutnya,” kata miliarder Afrika Selatan itu.

“Tujuan utama CAF adalah agar negara Afrika memenangkan Piala Dunia dan tujuan itu dapat dicapai.”

Akan ada sembilan atau 10 kualifikasi negara  Afrika untuk masuk dalam 48 tim peserta Piala Dunia 2026. Naik dari jatah lima di Qatar seiring dengan lonjakan kontestan dari 32 menjadi 48.

Maroko mengukir sejarah di Qatar dengan menjadi wakil Afrika pertama yang mencapai semifinal. Tim Atlas Lions mengejutkan Belgia di babak penyisihan grup Kemudian menyingkirkan dua tim elit Eropa yang lebih kuat, Spanyol dan Portugal, di babak sistem gugur sebelum kalah dari Prancis di semifinal.

“Setidaknya ada 10 negara Afrika yang bisa bersaing di level tertinggi dan menjuarai Piala Dunia,” tambah Motsepe.

Dia juga memuji Kamerun dan Tunisia atas kemenangan grup yang mengejutkan atas juara Brasil dan dua Prancis.

“Kita harus bangga dengan apa yang dicapai Kamerun dan Tunisia. Dua negara ini dan negara-negara Afrika lainnya harus belajar dari Maroko,” kata Presiden CAF itu.

Satu tim Afrika lainnya, Senegal, pun sukses lolos ke babak 16 Besar sebelum tersingkir setelah kalah telak dari Inggris.

Motsepe menegaskan Senegal datang ke Qatar 2022 dengan kekuatan pincang. Tak lain karena juara bertahan Afrika itu mengalami pukulan besar sebelum turnamen ketika penyerang bintang Sadio Mane absen karena cedera. Tanpa Mane, kekuatan lini depan Senegal jauh berkurang.

Motsepe menegaskan 4 negara Afrika yang moncer di Qatar 2022 (Maroko, Senegal, Kamerun dan Tunisia) harus bersiap secara khusus dalam 4 tahun ke depan. Ke-4-nya punya peluang mencapai final Piala Dunia 2026. Satu hal yang tidak musatahil seperti telah diperlihatkan Maroko dengan laga semifinal perdana buat Afrika.

"Kami bisa mencapai hal itu," tandasnya. (rnp)

Artikel Terkait