Gaya Hidup

Holiday Swing with Alonzo Brata Menghibur Pengunjung di Anjungan Sarinah, Thamrin

Oleh : luska - Senin, 26/12/2022 12:24 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada tanggal 25 Desember 2022, Anjungan Sarinah, Thamrin yang menjadi tempat berkumpul yang sedang diminati menjadi pilihan bagi Alonzo Brata (19 tahun) menghibur penggemarnya yang semakin hari bertambah. Sarinah adalah tempat yang memiliki arti penting bagi artis muda ini karena disinilah Alonzo Brata pertama kali mulai diliput dan dikenal sebagai penyanyi jazz muda berbakat yang memukau penonton pada Sarinah International Jazz Day, 30 April 2022 yang lalu. Dimana dia menuai pujian dari berbagai musisi senior tanah air. 

Pada kesempatan ini, Star Creation ID (SCID) bersama Sarinah sekali lagi bekerjasama untuk 
menggelar “Holiday Swing with Alonzo” dengan menampilkan Alonzo Brata yang selama tahun 
2022 sedang naik daun, dimana pada tanggal 15 September yang lalu album perdana vokalis muda tanah air Alonzo Brata, the ‘Giant Baby Steps,’medapatkan nominasi dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) dalam kategori ‘Album Jazz Terbaik,’ Selain itu Alonzo berhasil menghibur dan menggoyang penonton yang memenuhi Motion Blue Jakarta pada hari Sabtu, tanggal 24 September 2022, juga menghibur penonton solo pada Solo City Jazz, dan belum 
lama ini tampil di konsernya berjudul “Tap Into the Swing” di Soehanna Hall (9 Desember) seiring 
dengan dirilisnya video musik single berbahasa Inggrisnya berjudul ‘Strollin’ Down the Avenue.’

Dalam kesempatan itu, Alonzo juga menampilkan guest artist seperti Sandhy Sondoro, Margie  Segers, Oele Pattiselano dan Nial Djuliarso. Pada saat itu Dwiki Dharmawan, musisi senior Indonesia berkomentar bahwa ‘Alonzo adalah seperti Frank Sinatra Muda dari Indonesia’.

Acara kali ini berjudul ‘Holiday Swing with Alonzo” yang dikemas oleh Star Creation ID (SCID) bekerjasama dengan Sarinah adalah untuk merayakan musim libur akhir tahun dengan 
membawakan berbagai tembang holiday swing seperti, Winter Wonderland, Let It Snow, Jingle Bell Rock dan juga single ‘Strollin’ Down the Avenue’ karya Nial Djuliarso dan Mari Kartika dengan  produser Winfrid Leonard. Pada pertunjukan kali ini, Alonzo akan ditemani oleh musisi Nial Djuliarso, Kuba Skowronski dan Josh Alexander. Mariam Kartikatresni, CEO Star Creation ID (SCID) 
menyampaikan bahwa” walaupun Alonzo tidak hanya menyanyikan lagu jazz atau swing, namun 
kali ini sesuai dengan tema, dia akan membawakan banyak lagu-lagu favorit holiday season yang 
diminati berbagai kalangan.” Alonzo menyampaikan,”saya sangat senang dapat kembali menghibur penonton di Sarinah, tempat ini ada arti penting bagi saya.”

Fetty Kwartati, Direktur Utama PT SARINAH juga menyampaikan bahwa “Sarinah mendukung 
penuh acara Holiday Swing with Alonzo. Sarinah, sebagai community mall yang memanen kuat 
kreasi, percaya bahwa dengan diadakannya acara ini dapat membantu musisi muda lokal seperti 
Alonzo untuk terus berkarya dan memajukan industri musik. Kami juga berharap dengan adanya 
acara ini bisa menghibur pengunjung dipenghujung tahun 2022.”

Sayangnya di hari itu karena keadaan cuaca, setelah soundcheck yang juga ramai ditonton 
pengunjung Sarinah, acara malamnya terpaksa tertunda dan dilanjutkan diarea dekat pintu utara 
didalam Sarinah. Alonzo berharap dapat kembali tampil di Anjungan di tahun 2023. 

Alonzo Brata adalah seorang penyanyi muda tanah air berusia 19 tahun muda yang memiliki bakat suara bariton istimewa, meluncurkan debut album cover jazz dibulan Februari 2022, ‘Giant Baby Steps,’ yang masuk nominasi AMI. Album hasil karya produser Winfrid Leonard ini dikeluarkan oleh Star Creation ID (SCID). Selain itu, Alonzo juga telah mengeluarkan single original pertamanya yang berjudul Bersama Dirimu (Strollin’ Down the Avenue) pada tanggal 28 Juli 2022. Lagu bergenre Jazz pop ini adalah hasil komposisi pianis terkenal Nial Djuliarso dengan lirik oleh Mari Kartika dengan produser Winfrid Leonard.

Hadirnya Alonzo Brata sejak tahun lalu di dunia musik di Indonesia dengan semangat mudanya 
dan antusiasmenya terhadap musik jazz memberikan hembusan angin segar terhadap dunia permusikan di Indonesia, utamanya dalam genre jazz. Ketika ditanya harapan dia sebagai 
penyanyi, Alonzo berkata,” saya ingin agar orang mendapatkat ‘joy’ dalam hidup melalui musik, 
setidaknya walaupun sedikit, pada saat mendengarkan saya bernyanyi.” Alonzo juga 
menyampaikan bahwa musik video lagu single “Strollin’ Down the Avenue” versi bahasa Inggrisnya yang di shoot di Eropah tahun ini, telah dirilis di youtube tanggal 9 Desember yang lalu dan dapat dinikmati oleh penonton.

Pada tanggal 30 April yang lalu di Sarinah International Jazz day, dia berhasil memukau penonton pada saat dia melantunkan berbagai lagu jazz mulai dari lagu karangan Ismail Marzuki sampai dengan jazz standard internasional. Performancenya pada saat itu sempat diliput berbagai media dan mencuri perhatian musisi-musisi senior dan memukau para undangan yang diantaranya adalah Menteri Erik Tohir, Gita Wiryawan dan Rahmat Gobel. Walaupun Alonzo menggemari beragam tipe music mulai dari Jazz sampai dengan synthwave, dia memilih membawakan sebuah lagu genre Jazz pop sebagai lagu pertamanya. Alonzo menyampaikan,”saya sangat suka dengan lagu-lagu dengan genre ini karena memang cocok dengan warna suara saya. Tapi saya juga suka dengan lagu-lagu bergenre lain.”

Yang menarik adalah Alonzo memulai minatnya menyanyikan lagu jazz standar dari kesenangannya bermain game di komputer. Alonzo sudah sering tampil sebagai vokalis dengan Farabi Big Band pimpinan Dwiki Dharmawan, dan di Motion Blue Lounge, Artoz Lounge, Fabster Stage dan beberapa panggung lainnya. Sejak pandemi, Alonzo tidak lagi dapat melakukan pertunjukan yang kemudian mengarahkannya untuk memulai kanal Youtubenya pada tanggal 14 Maret 2021, dimana minat penonton digital terhadap musiknya terus meningkat. Penontonnya tidak hanya datang dari Indonesia namun juga dari Jepang, Eropah, Australia dan Amerika Serikat. Pada tanggal 23 Februari 2022, dia merilis album jazz cover pertamanya berjudul “Giant Baby Steps” dengan produsernya Winfrid Leonard yang mendapatkan nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) dalam kategori “Album Jazz Terbaik” dimana musik dan aransemennya dilakukan oleh Nial Djuliarso dan the East Side Jazz Initiative. Karya dan link ke platform media sosialnya dapat di lihat di https://links.vip/alonzobrata

Artikel Terkait