Nasional

Lantik Kepala Biro/Direktur dan Jabatan Fungsional, Kepala IKN: Otorita IKN Butuhkan Superteam

Oleh : very - Sabtu, 14/01/2023 21:24 WIB

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) melantik 10 orang untuk mengisi jabatan Kepala Biro/Direktur dan 25 orang untuk mengisi jabatan Fungsional. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Menara Mandiri, Jakarta Selatan pada Jumat, 13 Januari 2023 (13/01/2023).

Salah satunya adalah Muhammad Hasannurrizqi, putra daerah yang berasal dari Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, dilantik untuk mengisi jabatan Polisi Pamong Praja, Pelaksana Lanjutan di Otorita IKN.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan kepada para peserta pelantikan bahwa di tahun 2023 akan lebih bekerja keras bagi Otorita IKN karena begitu banyak target yang harus dipenuhi sebagai showcase, pertanggungjawaban serta perwujudan Otorita IKN untuk meyakinkan semua pihak bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terbangun sesuai visi dan misi yang diamanatkan peraturan perundang-undangan.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Bambang Susantono menegaskan bahwa Otorita IKN tidak membutuhkan superman maupun superwoman, tapi superteam. Semua pejabat dan pegawai di lingkungan Otorita IKN diharapkan agar dapat melakukan 4K, yaitu komunikasi, koordinasi, konsilidasi dan kolaborasi.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono juga mengatakan bahwa berpartisipasi dalam pembangunan IKN ini bukan hanya membangun suatu kota, bukan hanya membangun fasilitas seperti sekolah, rumah sakit, mall dan sebagainya, melainkan suatu bentuk transformasi cara kerja baru. Oleh karena itu, harapan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono terhadap para peserta pelantikan adalah agar selalu terbuka untuk belajar.

Menurut Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan di IKN mengingat IKN ini adalah “World City for All”. Selain itu, kemampuan untuk bekerja secara digital juga sangat dibutuhkan karena di IKN ini akan dibangun suatu sistem dimana sebagian besar pekerjaan akan dilakukan secara digital. Misalnya terkait surat dan memo, Otorita IKN akan mengupayakan agar penyebaran surat dan/atau memo secara fisik diminimalisir.

Sebagai penutup, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengingatkan bahwa tidak ada ruang untuk korupsi di IKN. Segala bentuk KKN agar ditindak secara tegas karena akan sangat mempengaruhi reputasi Otorita IKN sebagai lembaga. Apalagi sebagian besar pembangunan IKN ini dibiayai oleh investasi sehingga sekali saja reputasi Otorita IKN tercoreng, akan berpengaruh terhadap kepercayaan para investor untuk melakukan investasi di IKN.

Ini adalah pertama kalinya Otorita Ibu Kota Nusantara melantik pejabat di tingkat Eselon II ke bawah, menyusul pelantikan 5 (lima) Pejabat Tinggi Madya yang sudah dilantik pada 13 Oktober 2022 (13/10/2022).

Saat ini, proses seleksi terbuka untuk mengisi 2 (dua) Pejabat Tinggi Madya lain sedang berlangsung, dan perekrutan Kepala Biro/Direktur serta Jabatan Fungsional gelombang ke2 akan segera dibuka. Otorita IKN mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk mempersiapkan diri untuk melamar dan berpartisipasi dalam pembangunan IKN. ***

Artikel Terkait