Nasional

Ada Bakal Calon DPD RI Eks Koruptor, PSI: Anak Muda Ingin Pemilu Berintegritas

Oleh : very - Selasa, 24/01/2023 09:13 WIB

Juru Bicara DPP PSI, Belmondo Scorpio. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) menyebut ada beberapa tokoh yang mendaftarkan diri menjadi bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Namun ironisnya, para tokoh tersebut merupakan eks terpidana korupsi.

Juru Bicara DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Belmondo Scorpio ikut mengomentari terkait pencalonan para mantan terpidana korupsi tersebut.

Menurutnya, hal tersebut menciderai demokrasi Pancasila dan menciptakan pemilu yang tidak berintegritas.

“Kita tolak, PSI sebagai representatif partai anak muda jelaslah menolak eks koruptor jadi pejabat publik lagi, karena itu jelas mencederai demokrasi Pancasila kita, dan sebagai anak muda kita ingin pemilu yang berintegritas” Tegas Belmondo, melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (24/1).

Politisi muda itu menyayangkan apabila ada eks koruptor yang bisa langsung menjadi Bakal Calon DPD RI. Dia beranggapan harusnya syarat Calon DPD  dipersulit sama seperti halnya dengan calon anggota DPR dan DPRD.

“DPD ini harusnya syaratnya sama dengan DPR dan DPRD dipersulit seperti putusan MK kemarin, kita ga ada jaminan mereka ini tidak akan melakukan lagi,” tutur Belmondo.

Selain itu, Belmondo juga menegaskan bahwa bakal calon DPD ini harusnya disampaikan ke publik bahwa dirinya pernah sebagai eks koruptor. Hal itu bertujuan agar pemilih terbesar di tahun 2024 yaitu anak muda bisa tahu latar belakang pejabat publik yang akan dipilihnya.

“Anak muda harus tahu latar belakang calon pejabat publik yang eks koruptor supaya bisa dinilai. Jika tidak, bisa turun kepercayaan anak muda terhadap pejabat publik, makin apatis, bahkan presepsi anak muda terhadap demokrasi bisa buruk,” tambahnya.

Karena itu, Belmondo mendorong supaya banyak anak muda yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD, dibandingkan para mantan koruptor.

“Dari pada eks koruptor, bagus kita dorong saja anak muda kita, banyak yang hebat, baik, jujur dan bagus jadi bakal calon DPD,” tutup Belmondo. ***

 

Artikel Terkait