Nasional

Ukraina Dapat 321 Tank Paling Super

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 30/01/2023 11:25 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Amerika Serikat mengirim Tank tercanggihnya M1 Abrams, Jerman kirim Tank Leopard, begitu juga Perancis Inggris Italia Spanyol Polandia.

Ini respon tercepat atas permintaan panglima angkatan bersenjata Ukraina jenderal Valery Zaluzhhnyi, masalah utama tentaranya Ukraina terbiasa dengan tank tank Pakta Warsawa bukan made in NATO.

Jadi para prajurit harus dilatih cara mengoperasikan dan merawat tank tank baru. Sebelumnya Ukraina juga sudah dapat kiriman ratusan tank dari Amerika dan sekutunya sejak perang meletus, tapi kebanyakan tipe tank T-72 buatan Rusia yang lebih ringan, dibeli oleh sekutu dari negara negara eks Pakta Warsawa.

Sekarang tinggal melihat jalur pasok aneka suku cadang, karena bagian ini yang terpenting ketika perang sedang berkecamuk. Titik terdekat NATO ada di pangkalan Rzesow, Polandia , dari sanalah aneka persenjataan dan suku cadang bisa masuk Ukraina lewat jalan darat , baik diangkut mobil atau kereta api.

Jerman mau mengirimkan peralatan perangnya, selain tank leopard mereka juga mensuplai radar TRML-4D dan Rudal IRIS-T . Kevin Kuhnert sekjen partai SPD yang sedang berkuasa di Jerman, mengatakan, Ukraina sedang berusaha merebut kembali wilayahnya yang sudah di duduki Rusia, mereka sedangkan mempertahankan wilayah, jadi institusi & konstitusi Jerman membolehkan alat alat perang dipasok ke Ukraina.*(Zaenal).

Artikel Terkait