Nasional

Pj Bupati Lhokseumawe, Purna Praja IPDN Dampingi Presiden Jokowi Blusukan di Pasar Batuphat

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 11/02/2023 09:09 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo berserta rombongan usai tiba di Bandara Malikussakeh, pada pukul 08.17 WIB, Jumat (10/2/2023).

Usai bergerak dari Bandara Malikussaleh, Presiden Jokowi menyempatkan untuk blusukan ke pasar Batuphat, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Kedatangan Presiden Jokowi ke Pasar Batuphat, disambut langsung oleh Pj Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Imran yang merupakan Purna Praja IPDN.

Informasi yang diterima, Presiden Jokowi tampak membagikan bantuan ke sejumlah pedagang.

Selain itu, Presiden Jokowi menurut jadwal akan meresmikan pabrik NPK baru berkapasitas produksi sebesar 500.000 ton pertahun.

Pabrik pupuk NPK baru ini merupakan besutan Pupuk Indonesia melalui anak usahanya Pupuk Iskandar Muda.

Dengan penambahan kapasitas produksi pupuk NPK ini ditujukan agar bisa menyeimbangkan jumlah produksi NPK dan urea di Pupuk Indonesia.

Hal ini Lantaran, jumlah pupuk urea yang direncanakan akan diproduksi pada tahun ini adalah sebesar 7,78 juta ton, sementara NPK hanya sebanyak 3,58 ton. Hal tersebut dipicu akibat terkendalanya fasilitas produksi pupuk NPK.

Meskipun penambahan fasilitas produksi ini tidak membuat kapasitas produksi NPK bisa menandingi kapasitas produksi urea.

Sebelumnya, pupuk Indonesia mencanangkan pembangunan pabrik pupuk NPK ini pada tahun 2019 lalu, dengan target rampung pada tahun 2021. Pembangunan pabrik tersebut berlokasi di Krueng Geukuh, Aceh Utara.(*)

Artikel Terkait