Nasional

Hari Ini! TNI AU Kirim 2 Pesawat Jalankan Misi Kemanusiaan ke Turki

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 11/02/2023 15:28 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Dua pesawat TNI Angkatan Udara hari ini diterbangkan membawa bantuan logistik Pemerintah Indonesia untuk korban gempa bumi Turki.

Dua Pesawat TNI AU yang diterbangkan, yaitu Boeing 737- A-7308 Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan C-130 Hercules A-1326 Skadron Udara 32, Lanud Abdurrahman Saleh, Malang.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sempat meninjau langsung kesiapan pesawat dan kru sebelum keberangkatan ke Turki di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Di hadapan para prajurit pemberani TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar berpesan agar seluruh kru dapat mengutamakan keamanan atau safety dan sesuai dengan prosedur dalam menjalankan misi kemanusiaan di Turki tersebut.

"Laksanakan tugas sebaik-baiknya, sesuaikan dengan tugas masing-masing tim, jaga kesehatan dan tetap utamakan safety," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat meninjau kesiapan pasukan yang akan diberangkatkan ke Turki di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 11 Februari 2023.

Untuk diketahui, pesawat Boeing A-7308 yang dikirim oleh TNI Angkatan Udara diterbangkan Mayor Pnb Arief M.Hakim dan membawa personel yang tergabung dalam Medium Utility Search And Rescue (Musar) dan Emergency Medical Team (EMT).

Sementara, untuk pesawat C-130 Hercules A-1326 diterbangkan oleh Letkol Pnb Yudi Bandung dengan membawa batuan logistik.

Adapun total logistik yang diberangkatkan seberat 11 ton lebih yang terdiri dari jas hujan, sepatu booth, selimut, bahan makanan dan obat-obatan.

Untuk diketahui pula, dua pesawat TNI Angkatan Udara itu akan melaksanakan misi penerbangan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Angkara Turki.

Penerbangan menempuh jarak kurang lebih 4.500 Nm. Pesawat Boeing A-7308 menempuh rute dari Halim Perdanakusuma - SIM Banda Aceh - Chennai (India) - Abu Dhabi (UEA) dan Adana Turki.

Sementara C-130 Hercules A-1326 dari Halim Perdanakusuma - SIM Banda Aceh - Yangoon (Myanmar) - Mumbai (India) - Abu Dhabi (UEA) - Adana Turki. Diperkirakan bantuan dan personel akan tiba di Adanna Turki pada Minggu 12 Februari 2023, pukul.07.00 waktu setempat.*

 

 

 

Artikel Terkait