Nasional

Profil Irjen Amhar Azet, Mantan Dubes Rumania Didapuk Jadi Sekjen FBI

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 02/03/2023 09:45 WIB

Foto (Kiri) Irjen Amhar bersama Ketum FBI, (Kanan) Irjen Amhar bersama Asri Hadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Bidang Media, Informasi dan Komunikasi Forum Bhayangkara Indonesia, Drs. Asri Hadi mengkonfirmasi Inspektur Jenderal (Irjen) Pol (P) Drs Amhar Azet, SH MH didapuk sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) FBI.

"Ya. Irjen Pol (P) Drs Amhar Azet menjabat sebagai Sekjen FBI usai menyelesaikan tugasnya sebagai Duta Besar RI untuk Rumania dan Moldova," kata Asri Hadi dalam keterangannya kepada media ini, Kamis (2/3/22).

Pemred Indonews.id ini mengatakan Amhar Azet memulai aktif bertugas sebagai Sekretaris Jenderal Forum Bhayangkara Indonesia (Sekjen FBI) terhitung sejak 1 Maret 2023.

"Irjen Amhar akan banyak disibukkan untuk menggerakkan roda organisasi yang didirikan para mantan jenderal polisi. Terutama dalam membangun FBI semakin maju dan memiliki jaringan relasi yang luas," ungkap Asri Hadi.

Secara pribadi, Asri Hadi menyampaikan profisiat kepada Irjen Amhar atas pengadian barunya ini. Asri Hadi optimis FBI akan maju dan jaya di bawah racikan tangan hebat sang Sekjen.

"Saya mengucapkan profisiat dan mendoakan semoga Irjen Amhar diberikan kesehatan berlimpah untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik," ucapnya.

Sosok dan Profil Irjen Drs. Amhar Azeth

Asri Hadi menambahkan, keyakinan terhadap Amhar Azeth didasari jam terbang dan pengalaman panjang sang jenderal polisi yang dikenal ramah dan santun ini dalam memimpin berbagai lembaga dan institusi besar, baik di kepolisian maupun di luar kepolisian.

“Pak Amhar Azeth berpengalaman panjang memimpin di berbagai lembaga yang membuat kami sangat optimis FBI dibawah kendali manajemen beliau akan menjadi organisasi besar yang disegani,” kata Asri Hadi.

Pada 24 Oktober 2017 silam, Inspektur Jenderal Polisi (P) Amhar Azeth mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan di Komisi I DPR RI.

Amhar yang lama bertugas di Divisi Hubungan Internasional Polri itu, adalah satu dari 18 calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) yang diajukan Presiden Joko Widodo kala itu.

Amhar Azeth yang merupakan alumnus Akpol 1983 itu memang punya jam terbang tinggi dalam kancah internasional. Dia adalah satu-satunya anggota Polri yang paling banyak melakukan penugasan di luar negeri, dari Kamboja, Namibia, hingga Bosnia dan berbagai negara lainnya.

Alumni SMA Negeri 3 Palembang ini merupakan Mantan Kapolres Depok, Direskrimum Polda Jawa Timur, Wakapolda Jawa Tengah.

Ia tercatat pernah mengikuti pendidikan di Federal Biro Investigation (FBI) AS itu, menurut rekan-rekannya memang punya jam terbang tinggi dalam kancah internasional dan sangat layak jadi Duta Besar.

Pada Juni 2015 hingga Mei 2016, Amhar menjabat Staf Ahli Sosial Ekonomi Kapolri.

Amhar Azeth menduduki jabatan Sekjen FBI dengan masa bakti 2022 – 2027 dikukuhkan bersama Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Forum Bayangkara Indonesia (DPP FBI) Januari 2023 lalu.

Diketahui, Forum Bhayangkara Indonesia didirikan oleh sejumlah purnawirawan tinggi polri dan pejabat tinggi lainnya.

“Forum Bhayangkara Indonesia bertujuan untuk menjadi saluran atau wadah yang efektif untuk seluruh elemen FBI yang nantinya bisa berkontribusi kepada rakyat Indonesia sesuai dengan tanggung jawab FBI,” kata Ketua Umum DPP FBI, Drs. Irjen Pol (Purn) Eddy Kusuma Wijaya, SH., MH.

Eddy menjelaskan FBI selain sebagai wadah bersama, diharapkan bisa bersinergi sesama anggota FBI yang ada di seluruh Indonesia.

“Untuk dapat mewujudkan Indonesia yang baik, bermartabat sesuai dengan cita-cita Bangsa Indonesia dengan tugas dan tanggung jawab FBI,” ujarnya.

“Dewan pembina kita ada Komjen Pol (purn) Susno Duadji, Komjen pol (purn) Drs Oegroseno SH, ada Irjen Pol (purn) Andi Masmiyat ada dewan pendiri, dewan kehormatan dan pengurus lainnya,” ujarnya. *

Artikel Terkait