Nasional

SMP Negeri 1 Sedayu Melakukan Edukasi Bagi Siswa Meminilasir Kenakalan Remaja

Oleh : luska - Senin, 13/03/2023 11:55 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Maraknya siswa-siswa usia SMP yang sedang gemar-gemarnya mengendarai kendaraan bermotor menjadi perhatian yang serius dari pihak kepolisisan. Hal tersebut ditindaklanjuti oleh SMP Negeri 1 Sedayu dengan melakukan pendataan siswa-siswa yang disinyalir sering mengendarai motor dengan tujuan yang tidak jelas. Ditemukan dua orang siswa yang Ketika ditelusuri pernah mencoba melakukan kegiatan jalanan yang mengarah ke hal negative.

Di satu sisi, selama melakukan pengamatan terhadap siswa, ada sekelompok siswa yang ternyata sedang melakukan open donasi untuk membantu temannya yang sedang terkena masalah. Hal tersebut tentu saja menjadi perhatian pihak sekolah bagaimana cara mengarahkan agar siswa-siswa tersebut yang memiliki bakat baik sebenarnya, namun tidak tepat sasaran. 

Untuk mengatasi hal tersebut SMP Negeri 1 Sedayu memberikan edukasi kepada siswa-siswa tersebut dengan mengajak untuk melakukan kegiatan positif didampingi oleh guru Bimbingan Konseling. SMPN 1 Sedayu Bantul memberikan sanksi edukasi kepada siswa tidak  dengan hukuman tetapi dengan sentuhan Hati.  Nurjinarti S,Pd, M,Pd selaku Kepala sekolah SMPN 1 Sedayu didukung Berkah Jogja Berbagi Anak Yatim-piatu yang diketuai Serma TNI AL Kusmadiyono mengajak Siswa melaksanakan kegiatan menciptakan   rasa Kepedulian terhadap teman teman sekolahnya yang Yatim/Piatu/Yatim-piatu memberikan santunan sembako, sarung, mukena dan sedikit uang saku dari rumah ke rumah anak Yatim/Piatu/Yatim Piatu dilaksanakan hari Sabtu 11 Maret dan Minggu 12 Maret 2023
Serma TNI AL Kusmadiyono disela sela melaksanakan santunan bersama Kepala sekolah, guru BP serta Siswa siswa menyatakan bahwa semua masalah yang tidak baik yang dilakukan oleh siswa ataupun anak tidak harus diberikan hukuman tetapi diberikan contoh nyata dan diajak melakukan perbuatan yang bisa menyentuh hati siswa.

Dalam kesempatan yang sama Nurjinarti S, Pd, M, Pd Kepala sekolah SMPN 1 Sedayu mengatakan Memberi contoh dan mengajak berbuat baik kepada siswa peduli kepada anak Yatim/Piatu/Yatim-piatu mengharap ridho Allah SWT smoga Siswa siswa akan lebih baik dalam sikap dan Perbuatannya.

Salah satu siswa menyatakan, pendapat saya walaupun saya seorang sederhana saya masih bisa membantu orang lain, saya mengakui kesalahan saya dan saya ingin menambah ilmu dengan membantu ibu kepala sekolah memberi santunan, manfaat yang saya peroleh dari kegiatan tersubut membuat saya lebih paham mana yang harus di beri donasi, selain itu menambah jiwa social.

Kegiatan santunan ini adalah untuk kedua kalinya, sebelumnya pada tanggal 7 Agustus 2022 dilaksanakan santunan pada anak-anak yatim/piatu siswa SMP Negeri 1 sedayu dengan mengajak pengurus OSIS. Untuk periode 11 Maret 2023 ini kami mengajak siswa yang perlu perhatian, agar tidak salah melangkah. Karena pada dasarnya tujuan mereka mulia, namun perlu pemahaman dan pendampingan agar lebih tepat dalam melakukan kegiatan. Semoga ini bisa menjadi solusi yang positif untuk meminimalisir kenakalan remaja yang sebenarnya mereka memiliki potensi positif dengan mengajak mereka melakukan kegiatan nyata kata Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sedayu menutup pembicaraan.

Artikel Terkait