Gaya Hidup

Komunitas VW Klasik Kumpul di Jacmu, VW Kombi Listrik Jadi Ikon

Oleh : rio apricianditho - Minggu, 19/03/2023 13:05 WIB

VW kombi listrik produksi 2023 ikon Jacmu, ajang nostalgia komunitas pecinta VW klasik.foto:jinny.

Jakarta, INDONEWS.ID - Puluhan mobil klasik penuhi Lapangan Banteng, terutama Volks Wagen (VW) diartikan secara umum 'mobil rakyat'. Uniknya mesti lokasi pertemuan pecinta mobil klasik, tapi yang menjadi ikon adalah VW Kombi listrik produksi 2023, mobil pertama yang mengaspal di Indonesia.

Ajang itu diberi nama "Jakarta Auto Classic Meet Up" (Jacmu) wadah temu kangen komunitas pecinta Volkswagen dan non VW. Adapun penggagas acara tersebut Volkswagen Beetle Club (VBC) dan Volkswagen Van Club (VVC), kegiatan ini didukung IMI Jakarta dan komunitas pecinta mobil klasik.

Menurut Ahmed juru bicara Jacmu, mengatakan, ajang ini merupakan kegiatan pertama setelah pandemi covid, kala itu komunitas VBC yang diketuai Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto bersama VVC ingin mengadakan temu kangen alias bernostalgia dengan seluruh komunitas. Akhirnya, apa yang mereka ingin terwujud dengan mengadakan even Jacmu selama dua hari (18-19 Maret) di Lapangan Banteng, Jakarta.

"Meski ini ajang mobil klasik tapi yang menjadi ikon adalah combi versi listrik atau yang dikenal ID Buzz produksi 2023. Kendaraan penerus mikrobus VW Combi, dan mobil ini masuk retro klasik. Banyak kemiripan dengan mobil kombi lawas yang ikonik", ujarnya.

Menurutnya, alasan mobil tersebut menjadi ikon Jacmu, karena ajang ini turut mendukung upaya pemerintah yang mengurangi polusi karbon dengan penggunaan kendaraan berbasis energi baru terbarukan (green energy). Apalagi saat ini pemerintah tengah gencar mensosialisasikan kendaraan listrik, bahkan memberi intensif potongan harga bagi pembeli kendaraan listrik.

Dikatakan, VW listrik dengan kombinasi warna putih-hijau merupakan VW listrik perdana yang melintas di jalan Jakarta. Kabinnya tetap sama bisa memuat banyak penumpang seperti Kombi klasik. Menggunakan motor listrik berkekuatan 150-KW dengan penggerak roda belakang. Didukung oleh baterai lithium-ion 82 KWh bisa mencapai kecepatan maksimum 90 mil atau 144 kilometer per jam.

Selain VW listrik, tiga VW milik ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) berjajar disamping ikon Jacmu. Tiga mobil itu merupakan tiga model VW yaitu Beetle, Kombi, dan Safari semuanya berwarna kuning cerah seperti warna partai tempat Bamsoet bernaung.

Lintasan treck atlet dipenuhi lebih 100 mobil, pengunjung bisa berpartisipasi dengan memilih mobil favorit yang ada di ajang Jacmu. Dan menghadirkan sejumlah hiburan seperti, live music, talk show, senam Zunba bersama Denada, atraksi DJ musik era 80-90 hingga lomba foto.rio.

Artikel Terkait