Nasional

Libatkan SMI, Pembentukan Tim Gabungan Tidak Bisa Diharapkan Bongkar Skandal Keuangan Rp349T

Oleh : very - Selasa, 11/04/2023 13:32 WIB

Tokoh nasional, DR Rizal Ramli. (Foto: dok pri)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule menanggapi rencana pembentukan Tim Gabungan Satgassus untuk kasus skandal keuangan Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Rencana pembentukan tim gabungan tersebut muncul usai pertemuan yang melibatkan Komite Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang terdiri dari Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. Mahfud MD mengatakan, pihaknya akan membentuk satuan tugas (Satgas) untuk mengusut transaksi janggal senilai Rp349 triliun yang melibatkan pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan sejumlah instansi lain.

Hal tersebut dikatakan Menko Polhukam dalam acara jumpa pers di gedung Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), di Jakarta Pusat, Senin (10/4/2023).

“Komite akan segera membentuk Tim Gabungan/Satgas yang akan melakukan supervisi untuk menindaklanjuti keseluruhan LHA/LHP nilai agregat sebesar Rp349.874.187.502.987,00 dengan melakukan case building,” ujar Mahfud MD.

Menurut Iwan, Tim Gabungan Satgassus sebaiknya tidak melibatkan Kementerian Keuangan ataupun Direktorat yang berada di bawahnya. “Karena selain merupakan sumber masalah, juga agar tidak terjadi ‘conflict of interest’ dari institusi yang mau diusut. Cukup institusi penegak hukum, badan intelijen dan PPATK,” katanya.

Iwan melanjutkan bahwa dengan melibatkan Sri Mulyani – yang menjadi bagian dari masalah – menunjukkan tim tidak bisa diharapkan bisa membongkar skandal keuangan tersebut.

“Itu pertanda, Mahfud tak bisa diharap membongkar skandal keuangan 349 triliun di Kemenkeu, ketika bentuk satgas khusus dan masih melibatkan Menkeu SMI yang merupakan sumber masalah,” ujarnya.

Mantan Menko Perekonomian DR Rizal Ramli malah mengatakan bahwa rencana pembentukan tim gabungan tersebut merupakana “joke of the month”.

“Joke of the month. Pak Mahfud bikin Satgas langkah bagus. Tpai ngajak Menkeu SMI, si pokok masalah, ya ambyar,” kata ekonom senior tersebut melalui akun Twitternya di Jakarta, Selasa (11/4).

Cuitan Bang RR tersebut memunculkan reaksi netizen. Efendi Rustama dalam Twitte@EfendiRustam8 menulis “Mahfud MD Cuma cari panggung, tidak benar-benar berjuang memberantas korupsi. Kenapa SM dilibatkan, SP adalah lap kotornya,” cuitnya.

Lain lagi dengan Ippo Hajime. Dalam Twitter @bukantuti dia menulis, “Memang absurd sih, membentuk satgas tp anggota satgasnya bagian dari masalah itu, apa gak kuatir ada konflik kepentingan nantinya? Yg satu ingin membuka di sisi lain tak ingin terbuka,” tulisnya. ***

Artikel Terkait