Gaya Hidup

Event Space, Rumah Sarwono dari Tradisional Kini Modern Klasik

Oleh : rio apricianditho - Sabtu, 15/04/2023 06:39 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Perubahan dimaknai suatu yang postif, karena itu perubahan kerap ditunggu masyarakat. Hal postif tentu didukung semua pihak, seperti Rumah Sarwono lokasi yang kerap digunakan maayarakat menggelar pesta, baik wedding, meeting, atau ulangtahun. Sebelumnya Rumah Sarwono dikenal sebagai rumah joglo icon di lokasi tersebut, kini berkonsep modern tradisional.

Rumah Sarwono lokasinya ada jalan raya Pasar Minggu arah Depok, sebelum komplek Polri Pasar Minggu. Lokasinya begitu strategis, dan tak sulit menemukan tempat tersebut karena letaknya persis di sisi jalan raya.

Pengelola Rumah Sarwono Hendri mengatakan, Rumah Sarwono dikenal sebagai tempat wedding sejak awal berdiri. Saat 2021, Hendri bersama Irwan rekanannya menawarkan konsep baru berupa hall and resto. Meski demikin wedding tetap ada, dan konsep itu menjadi event space (lokasi penyelenggaraan acara).

"Dengan konsep itu, Rumah Sarwono bisa untuk wedding, meeting, dan segala jenis pertemuan. Gathering atau pertunjukan dan ini berjalan hingga saat ini. Konsepnya itu modern tradisional", ujarnya.

Sebelumnya Rumah Sarwono dikenal sebagai rumah tradisional, full joglo. Konsepnya tradisional lebih tepatnya Solo, lalu oleh kedua penggagas itu diberi 'sentuhan' kekiniian di lokasi tersebut dan sekarang dikenal sebagai modern tradisional.

Penambahan itu berupa coffe shop yang letaknya diantara rumah joglo dan halaman luas yang biasa digunakan untuk outdoor wedding. Sentuhan itu mulai dari produk yang yang ditawarkan maupun bar coffee shop-nya.

Menurutnya, perubahan konsep tersebut memang berpengaruh dengan kehadiran pengunjung. Sebelumnya tamu yang datang lebih banyak yang usianya diatas 40 tahun, dengan coffee shop kaum milineal mengimbangi tamu yang usianya terbilang senior. 

"Saat ini pandemi covid sudah dinyatakan selesai, memang peningkatan tamu ke coffee shop belum signifikan masih terbilang biasa saja. Itu juga dipengaruhi tumbuh suburnya tempat konkow anak muda di Jakarta. Namun kami yakin coffee shop Rumah Sarwono merupakan pilihan tepat penggemar kopi, karena selain produk suasana yang kita tawarkan lain dari yang lain, alam terbuka yang ada disini", tuturnya.

 Sementara mengenai pemesanan tempat untuk acara, Hendri mengatakan, pihaknya flesibel kapanpun bisa memesan tempat, asalkan tanggal dan bulannya tidak bentrok dengan pemesan lain.

Pemesan pun boleh menggunakan event organizer (EO) di luar Rumah Sarwono, namun untuk kepastian tempat ia menyarankan menggunakan EO Rumah Sarwono karena mereka lebih paham dengan lokasi dan jadwal booking pemesan.

Dijelaskan, Rumah Sarwono menawarkan beberapa paket, mulai paket tempat saja, paket tempat dan dekor, atau paket full semua urusan acara mereka yang menangani, pemesan tak dipusingkan lagi dengan urusan seperti catering dan dekor. Semuanya sudah di-handle EO Rumah Sarwono.

"Bagi pemesan di Rumah Sarwono bila tak ingin dipusingkan dengan dekor atau hidangan, sebaiknya gunakan EO kita. Merekalah yang akan memikirkan indahnya dekor pelaminan dan sedapnya hidangan untuk tamu. Lagipula bila menggunakan EO dari luar pemesan akan dikenal biaya tambahan yang besarannya tergantung paket yang diambil", tandas Hendri.

Soal parkir pun tak perlu kawatir, di halaman Rumah Sarwono mampu menampung lebih dari 40 mobil. Bila kapasitas tamu yang diundang lebih dari jumlah itu, pemesan tak perlu ragu karena Rumah Sarwono menyediakan lokasi parkir lain yang ada di kiri kanan Rumah Sarwono, atau disebrang Rumah Sarwono. Ketiga lokasi mampu menampung lebih dari 100 mobil.

Dengan sentuhan baru, Hendri berharap, peminat wedding di Rumah Sarwono, dengan konsep yang kita tawarkan baru bisa lebih memikat peminat menggelar acara di Rumah Sarwono. Lokasinya yang strategis, area parkir luas, dan hidangan yang disajikan pun terjamin cita rasanya.

Artikel Terkait