Bisnis

Diikuti 300 Peserta, PNM Banyuwangi Gelar Pelatihan Community Leaders Dukung UMKM Naik Kelas

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 12/05/2023 20:51 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID  - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders dengan tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas” yang dihadiri oleh 300 peserta yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar (Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, Account Officer) wilayah Banyuwangi di Illira Hotel, Banyuwangi (12/05/2023).

Community Leaders adalah sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar yaitu Pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas.

Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM.

Kemudian, melalui kolaborasi PNM PKU dengan PT KDM juga menggelar pelatihan yang dikenal dengan nama Belajar Bareng PNM yang bertema “Usaha Menjahit, Keuntungan Melejit” kepada 50 Ibu-ibu pra sejahtera binaan PNM di wilayah Banyuwangi.

Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kreatifitas nasabah PNM dengan melatih keterampilan barunya sehingga dapat membuka peluang untuk membuka usaha baru.

Kegiatan ini dihadiri oleh H. Sugirah SPd.selaku Wakil Bupati Banyuwangi, Budi Pringgo Cahyono selaku Kepala Seksi Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi, Arif Sulistiyantoro selaku Pemimpin PT PNM Cabang Banyuwangi, Anom Parikesit selaku Manajer Supporting PT PNM Cabang Banyuwangi dan Pemateri, serta Catharina Martha selaku Narasumber dari PT KDM.

PNM hadir dibanyuwangi sangat bermanfaat sekali apalagi saat covid19 beberapa tahun yang lalu, penanaman Pohon Cemara di pesisir pantai pulau santen, juga pasca banjir bandang di kecamatan Kalibaru para pendamping ini bersibaku dalan kegiatan bantuan sosial.

Pelatihan Community Leaders ini dilakukan bagi para pendamping nasabah Mekaar pada tanggal 12 Mei 2023, yang juga akan dilakukan secara nasional. Kemudian, untuk mendukung kegiatan, sebuah performance berupa Tarian Tradisional Tari Jejer Gandrung Banyuwangi, dan olah vokal yang dipersembahkan oleh teman-teman unit PNM Mekaar wilayah Banyuwangi.

Selanjutnya pelatihan ini juga merupakan bentuk kolaborasi PNM, PKU dengan KDM yang memfasilitasi pemberian materi beserta program-program sosial media yaitu Bakool, Racun Bakool, Macan Busa, Mpok Karla, dan Belajar Bareng PNM.

Sebagai informasi, hingga 31 April 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp23,05 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.551.096 juta Nasabah.

Saat ini PNM memiliki 62 Cabang, 3.800 kantor unit layanan PNM Mekaar dan 645 kantor unit layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota, dan 6.664 Kecamatan.*(Deteksinews)

Artikel Terkait