Nasional

Anies Bandingkan Data soal Pembangunan Jalan Era SBY Vs Jokowi, Begini Kata Menteri PUPR Basuki

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 27/05/2023 20:27 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono buka suara terkait data pembangunan jalan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo oleh bakal calon presiden Anies Baswedan.

Menurutnya, data jalan yang digunakan Anies Baswedan untuk membandingkan pembangunan jalan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) benar. Namun, Basuki menegaskan ada salah tafsir yang dilakukan oleh Anies dari data tersebut.

Ditemui di Kantor KPK, Basuki secara tegas menyebutkan ada kesalahan baca data yang dilakukan oleh pihak Anies Baswedan. Padahal dia menyebutkan data yang dipaparkan Anies sudah benar.

"Kelihatannya iya (salah baca data)," kata Basuki singkat sambil melangkah cepat menuju kendaraannya usai melakukan pelatihan PAKU Integritas di Kantor KPK, bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/5/2023).

Basuki pun meminta agar masalah ini jangan dijadikan polemik lagi. Menurutnya pihak Ditjen Bina Marga sudah menjelaskan secara rinci soal permasalahan ini.

"Nggak usah berpolemik lah itu. Itu nanti Katadata akan perbaikin," ujar Basuki.

Sebelumnya, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan ada kesalahpahaman dalam memahami data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kasus perbandingan jalan yang dilakukan Anies Baswedan.

"Yang disebut bahwa pembangunan jalan zaman SBY lebih panjang dari zaman Jokowi, itu bukan itu maksud dari BPS itu. Jadi salah interpretasi data BPS," kata Hedy saat ditemui di Gedung DPR RI, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan BPS menampilkan data berdasarkan status jalan, bukan pembangunan jalan baru. Misalnya jalan nasional yang bertambah ribuan kilometer berasal dari perubahan status jalan dari jalan provinsi.

"Jadi data BPS itu bercerita soal penambahan status, bukan pembangunan jalan. Jadi status kewenangan jalan nasionalnya bertambah sekian belas ribu kilometer itu, itu adalah perubahan status dari jalan provinsi ke jalan nasional. Bukan pembangunan jalan baru," beber Hedy

"Saya punya jalan provinsi nih, jalannya udah ada, bukan dibangun. Nah di tahun 2000 sekian nanti ada SK (Surat Keputusan) baru, ini jalan provinsi berubah jadi jalan nasional," tambahnya.

Diketahui, Anies Baswedan mulanya memaparkan pembangunan jalan tol di era Jokowi memang besar bahkan 63% jalan tol di Indonesia dibangun selama 2014 hingga sekarang. Totalnya ada sepanjang 1.569 kilometer, dari total 2.499 kilometer jalan tol yang ada di Indonesia.

Sementara itu jalan nasional yang berhasil dibangun Jokowi menurut data yang dia paparkan hanya sepanjang 19.000 kilometer. Anies membandingkan 10 tahun lalu, di zaman SBY menjabat Presiden, ada sekitar 144.000 kilometer atau 7,5 kali lipat dari jalan yang dibangun Jokowi.

Artikel Terkait