Nasional

Mahfud MD Berkunjung ke Rumah Masa Kecil Frans Seda terkait Pemberian Gelar Pahlawan Nasional

Oleh : very - Rabu, 31/05/2023 20:04 WIB

Menkopolhukam Prof. Mahfud MD tiba di halaman aula HJ Gadi Djou, Rabu 31 Mei 2023. (Foto: Tribun Kupang)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tokoh Muda Nusa Tenggara Timur (NTT) Marcellus Hakeng Jayawibawa mengapresiasi kunjungan  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD ke rumah masa kecil Fransiskus Xaverius Seda atau Frans Seda di Lekebai Kecamatan Mego Kabupaten Sikka, Rabu (31/5).

Kunjungan Mahfud MD yang juga merupakan Ketua Dewan Gelar dan Tanda Jasa terkait usulan masyarakat NTT menjadikan Frans Seda sebagai Pahlawan Nasional.

"Rencana kunjungan Menkopolhukam  Mahfud MD ke kediaman masa kecil Frans Seda menunjukkan pesan positif terkait usulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Frans Seda diterima," ujar Marcellus Hakeng dalam keterangan pers tertulisnya yang diterima redaksi di Jakarta, Rabu (31/5).

Masyarakat NTT pada umumnya sangat menaruh harapan agar Putra Bangsa dari tanah NTT bisa mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional. Gelar tersebut pantas disematkan untuk Frans Seda mengingat jasanya pada negara dan bangsa ini.

"Rasanya bukan saya saja atau KBM Jaya yang berharap Gelar Pahlawan Nasional untuk Frans Seda tapi juga seluruh masyarakat NTT. Gelar Pahlawan Nasional sangat pantas untuk Frans Seda mengingat jasa-jasa beliau kepada negara dan bangsa Indonesia," kata Marcellus.

Sumbangsih Frans Seda pada Negara dan bangsa Indonesia yang besar juga diakui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menjadi pembicara kunci di seminar Nasional beberapa waktu lalu bahwa. "(Bangsa Indonesia) bersyukur memiliki seorang tokoh yang lahir di Flores, Nusa Tenggara Timur, yang telah menjadi tokoh bangsa yang telah ikut mengisi dan membangun Indonesia terutama di bidang keuangan dan ekonomi."

"Oleh sebab itulah sebagai bagian dari yang mengusulkan agar Frans Seda mendapat Gelar Pahlawan Nasional maka kami sangat berterimakasih atas kunjungan Menkopolhukam tersebut," pungkas Marcellus Hakeng.

Seperti diberitakan Tribun Kupang, Menko Polhukam Muhammad Mahfud MD melakukan kunjungan kerja ke Pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan dalam rangka Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila atau Harlah Pancasila 1 Juni 2023. Adapun Mahfud MD akan memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila pada Kamis 1 Juni.

Rangkaian kunjungan kerja tersebut dimulai dari Kota Maumere, Ibu Kota Kabupaten Sikka pada Selasa 30 Mei 2023 petang.

Mahfud MD tiba di Bandara Frans Seda Maumere sekitar pukul 19.10 WITA. Menko Polhukam kemudian berbicara dalam Dialog Kebangsaan yang digelar di Auditorium Santo Thomas Aquinas IFTK Ledalero.

Pada Rabu pagi (31/5/2023), Mahfud mengunjungi rumah besar yang menjadi kediaman keluarga Frans Seda di Lekebai, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka.

Di kediaman keluarga almarhum Frans Seda, Mahfud MD menyampaikan progres usulan pahlawan nasional untuk mantan menteri, ekonom, politisi, dan tokoh katolik itu.

Usai kunjungan di kampung Lekebai, Mahfud MD bersama rombongan bertolak ke Kota Ende menggunakan penerbangan pesawat TNI CN 295. Rombongan tiba di Kota Ende sekirat pukul 13.30 Wita.

Kemudian, Mahfud bersama rombongan langsung menuju ke Aula HJ Gadi Djou Universitas Flores untuk menjadi narasumber dalam dialog kebangsaan.

Dialog kebangsaan di kampus biru tersebut mengangkat tema tengtang "Pancasila, Penegakan Hukum, Pemikiran Geopolitik Soekarno, dan Kesejahteraan Umum".

Ikut dalam rombongan itu, diantaranya politisi PDIP dan anggota DPR RI, Andreas Hugo Parera, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, serta Dewan Pengarah BPKP Rikard Bagun. ***

 

Artikel Terkait