Nasional

Peringati Hari Lahir Pancasila, PNM Manado Angkat Kearifan Lokal Minahasa

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 02/06/2023 15:24 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memperingati Hari Lahir Pancasila dengan mengangkat kearifan lokal masyarakat Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini disampaikan Kepala PNM Sulut Gorontalo Maluku Utara, Eka Pradana Wijaya, usai menjadi pembina upacara Hari Lahir Pancasila, di Lokasi Bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa Utara, Sulut, Kamis.

"Dalam upacara Hati Lahir Pancasila dan perayaan HUT PNM ke 24 tahun, kami menggunakan pakaian adat Minahasa dan `baju kabasaran` untuk mengangkat budaya Minahasa agar semakin dikenal," kata Eka.

Dia mengatakan Pancasila adalah dasar negara, sehingga peringatan ini menjadi salah satu bentuk untuk mengenang perjuangan pahlawan dalam merumuskan Pancasila dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Pancasila merupakan dasar negara atau landasan ideologi Indonesia. Peranan Pancasila sebagai dasar negara telah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Dalam Pancasila terdapat nilai-nilai baik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hari Lahir Pancasila juga dapat menjadi momentum untuk mengingatkan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam suku dan agama.

Dengan semangat Pancasila, bersamaan dengan HUT PNM ke 24, agar satukan tekad mensejahterakan masyarakat lewat program peningkatan ekonomi daerah.

"Saya berharap semangat Pancasila terus membawa di hati kita, dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program kerja di PNM," jelasnya.

Selesai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dilanjutkan dengan ibadah syukur HUT ke 24 PNM bersama semua karyawan di Sulut.

Artikel Terkait