Bisnis

Gelar Edukasi, PNM: Kita Ajak Nasabah Implementasikan Konsep SDGs

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 08/06/2023 08:11 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengedukasi nasabah ultra mikro binaannya agar berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap 5 Juni.
 
Berkolaborasi dengan Pegadaian sebagai bagian dari Holding Ultra Mikro, PNM menggelar kegiatan edukasi bertajuk "MengEMASkan Kampung Madani". Edukasi dilakukan secara serentak di 10 titik Kampung Madani yang tersebar di seluruh Indonesia pada 5-7 Juni 2023.
 
“Kampung Madani sendiri merupakan konsep kampung binaan yang mengintegrasikan aspek sosial ekonomi dan pendidikan dengan mengajak nasabah serta masyarakat lokal berperan aktif dalam mengelola desanya. Program ini juga merupakan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs),” papar Direktur Bisnis PNM, Tjatur H Priyono.
 
Dalam acara tersebut, sebanyak 1.000 nasabah PNM Mekaar diharapkan mendapat literasi mengenai manfaat ekonomi dari pemilahan sampah. Adapun materi disampaikan oleh Pegadaian bernama Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (FORSEPSI).
 
Tjatur menyatakan, komitmen PNM untuk memberikan bukan hanya modal sosial, modal intelektual dan sosial pun turut diberikan kepada para nasabah.
 
“PNM akan terus meningkatkan integrasi dan kolaborasi dalam peningkatan ekonomi dari dampak pengelolaan sampah. Jadi nasabah tidak hanya mendapatkan modal usaha tetapi juga literasi yang bisa menambah value mereka,” jelasnya.
 
PNM sebagai perusahaan yang telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 24 triliun kepada nasabah (periode Januari-April 2023) terus berkomitmen untuk berkontribusi mendukung pencapaian SDGs.
 
Selain membangun kepedulian atas lingkungan yang bersih dan sehat, peningkatan ekonomi dari pemilahan sampah juga mendukung tujuan SDGs dalam aspek konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Artikel Terkait