Nasional

Tingkatkan Kerja Sama Dua Negara, Kasal Kunjungi Industri Kapal Perang Turki

Oleh : luska - Kamis, 22/06/2023 13:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID --- Dalam lawatannya di Turki guna meningkatkan kerja sama antar Angkatan Laut dua negara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali berkesempatan meninjau ke lokasi Industri Kapal Perang Golcuk Naval Shipyard yang berada di Pantai Timur Laut Marmara di Golcuk, Kocaeli, Turki, Rabu (21/06). 

Galangan Kapal tersebut didirikan pada tahun 1926, dan difungsikan untuk pembangunan dan pemeliharaan kapal perang.

Sehari sebelumnya, Laksamana TNI Muhammad Ali juga melaksanakan pertemuan dengan Commander of the Turkish Naval Force, Admiral Ercument Tatlioglu. Dalam pertemuan itu membicarakan sejumlah kerjasama bilateral, mulai dari kerjasama bidang latihan dan pendidikan, pertukaran informasi, hingga penggunaan teknologi maritim. 

“Kami menyepakati untuk menjadikan pertemuan ini sebagai landasan awal dalam meningkatkan kemitraan strategis antara TNI AL dan Turkish Naval Force, yang mana dilatar belakangi pada sikap saling menghormati dan saling percaya", ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kerja sama militer dengan Turki sangat strategis mengingat industri alutsista Turki berkembang pesat khususnya terkait kapal perang dan kapal selam. Selain itu, Turki memiliki sejarah militer yang panjang sebagai negara yang kuat bidang pertahanan.(Lka)

 

TAGS : Kasal

Artikel Terkait