Nasional

Ketika Dubes RI Berbicara di China-ASEAN Forum on Emerging Industries

Oleh : luska - Jum'at, 07/07/2023 20:45 WIB

Beijing, INDONEWS ID - Dubes RI Beijing Djauhari Oratmangun turut bicara pada kegiatan China-ASEAN Forum on Emerging Industries yang diselenggarakan oleh Kementerian Industri dan Informasi Teknologi RRT pada Selasa, 4 Juli 2023 lalu di Kota Shenzhen. 

Forum tersebut dihadiri oleh Menteri Industri dan Informasi Teknologi RRT dan sejumlah Menteri dari negara-negara ASEAN, termasuk Menteri Perindustrian Indonesia Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, Menteri Industri dan Perdagangan Laos, Menteri Perindustrian Myanmar serta pejabat tinggi dan pimpinan perusahaan industri teknologi Tiongkok seperti Huawei, BYD dan China Telecom.

Menperin RI dalam sambutan awalnya menjelaskan bahwa Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 memiliki keinginan untuk memajukan ekonomi digital di kawasan. Dengan total populasi lebih dari 660 juta jiwa, ASEAN diyakini akan menjadi pemain utama sektor ekonomi digital dengan kisaran nilai lebih dari USD 1 triliun di tahun 2030. 

Pertumbuhan ASEAN di tahun 2022 tercatat mencapai 5,5% dan kawasan ASEAN memiliki banyak potensi di industri berkembang. Senada dengan apa yang disampaikan Menperin, Dubes RI juga menggarisbawahi keseriusan Indonesia untuk mengarap pertumbuhan sektor industri berkembang di kawasan ASEAN. “Keberhasilan presidensi Indonesia di G20 tahun lalu dan keketuaan ASEAN tahun ini akan menjadi modal kuat Indonesia untuk membangun kerja sama kemitraan berkualitas dan menguntungkan dengan negara lain, termasuk Tiongkok”, ujar Dubes RI. 

Dalam Forum tersebut juga dibacakan “Shenzhen Initiative” sebagai inisiatif pembangunan kemitraan ASEAN dan Tiongkok untuk rantai pasok yang adil, inklusif, sekaligus sebagai wujud komitmen kedua pihak untuk mendorong keterlibatan semua stakeholders dalam memajukan industri berkembang (emerging industries).

Artikel Terkait