Nasional

Dua Buku Puisi Terbaru Ibnu Wahyudi

Oleh : luska - Selasa, 25/07/2023 19:40 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Selasa, 25 Juli 2023, dua buku puisi terbaru karya Ibnu Wahyudi telah selesai dicetak. Kedua buku tersebut masing-masing berjudul Nonversasi yang berisi 88 puisi yang ditulis tahun 2020 dan Main Kata yang berisi 99 puisi karya Iben (panggilan akrab Ibnu Wahyudi) tahun 2021. Buku puisi Nonversasi merupakan karya tunggalnya yang ke-21 sedangkan Main Kata sebagai antologi tunggal ke-22.

Kata “nonversasi” yang merupakan penyerapan langsung dari kata nonversation, dipakai Iben sebagai judul salah satu puisinya dan kemudian dipakai sebagai judul buku, dimaksudkan sebagai gambaran jamak dalam kehidupan sehari-hari yang menggambarkan suatu percakapan yang sekadar basa-basi. Banyak orang tampak bercakap-cakap tetapi hampir tanpa makna.

Pada buku kedua, judul “main kata” sengaja dipakai untuk memberikan penegasan bahwa dalam dunia puisi, eksistensi kata sungguh begitu utama. Pemuisi, dalam pandangan Iben, adalah orang yang sudah harus khatam dulu perkara berbahasa, dari penguasaan tanda baca sampai membangun kalimat. Jika seseorang sudah menguasai masalah linguistik ini maka bermain-main dengan kata menjadi suatu keniscayaan yang mendatangkan hasil berbeda dengan mereka yang masih tertatih-tatih dengan ihwal pengejaan atau nalar berbahasa, misalnya.

Terbitnya kedua buku ini, oleh Iben, diharapkan menyumbang khazanah perpuisian Indonesia, setidak-tidaknya dari aspek ketertiban berbahasa maupun pemanfaatan diksi baru atau yang arkais. Kendati demikian, dalam hubungan dengan pemaknaan, pembaca tentu sangat dipersilakan memberikan interpretasi dari pelbagai sisi.

Artikel Terkait