Nasional

Apresiasi 13 Tahun BNPT, Nasaruddin Umar: Kuantitas Kelompok Radikal Terus Turun

Oleh : very - Rabu, 26/07/2023 14:24 WIB

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (Foto: dok PMD BNPT)

Jakarta, INDONEWS.ID - Penanggulangan terorisme adalah perjuangan panjang yang harus terus dijaga keberlanjutannya. Penyakit kronis yang bernama terorisme dan radikalisme ini sangat sulit disembuhkan jika telah sampai pada stadium akhir. Ada peribahasa lama, "mencegah lebih baik daripada mengobati".

Dalam hal ini, BNPT hadir sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk menjalankan fungsi pencegahan terhadap virus-virus intoleransi, radikalisme, dan terorisme yang dapat merusak tatanan kehidupan bangsa Indonesia.

Pada 16 Juli kemarin, BNPT merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13. Seiring perjalanan waktu, kehadiran BNPT mampu menjalankan fungsinya dalam mencegah dan meredam radikalisme dan aksi terorisme di Indonesia.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A., mengapresiasi tinggi kerja-kerja pencegahan yang dilakukan BNPT. Ia melihat sejak ada BNPT kuantitas aksi terorisme terus menurun.

"Kuantifikasi garis keras atau kelompok radikal di Indonesia ini, tingkat kegiatan radikalismenya itu sangat minim dibandingkan dengan jumlah keseluruhan populasi penduduknya. Di beberapa negara lain, ada yang negara Islam ataupun bukan, ternyata tingkat radikalismenya lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia," ujar Prof Nasaruddin, Rabu (26/7/2023).

Prof. Nasaruddin mengatakan bahwa masyarakat Indonesia harus bersyukur karena berada di bawah payung Pancasila yang sangat menyejukkan untuk semua golongan yang ada. Kalaupun ada perbedaan pendapat, hal itu adalah biasa, selama tidak bertentangan dengan konstitusi dan falsafah bangsa.

"Adanya perbedaan adalah hal yang wajar. Janganlah kita memusuhi orang yang berbeda dengan kita, karena biar bagaimanapun kita ini berasal dari bangsa yang sama," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Pusat Media Damai (PMD) BNPT.

Cendekiawan muslim yang juga menjadi salah satu Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2022-2027 ini juga memberi pernyataan terkait pendekatan penanggulangan terorisme yang dilakukan.

Teknik penanggulangan terorisme dengan hard approach (pendekatan secara keras), di beberapa kejadian, menurutnya, memang perlu dilakukan. Namun teknik soft approach (pendekatan secara halus) juga tetap diberikan dengan menyesuaikan masing-masing kondisi dan kejadian.

"Sama halnya dengan mendidik anak kita sendiri. Ada anak yang perlu ditegur dengan cara yang keras, ada pula yang bisa dididik dengan cara yang halus. Sejatinya, kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan persoalan secara keseluruhan. Alangkah baiknya jika kita bisa melakukan penanggulangan radikalisme dan terorisme dengan cara-cara yang humanis dan berke-Indonesiaan," sambung Prof. Nasaruddin.

Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta itu berpendapat bahwa negara-negara di dunia ini perlu berguru terhadap Indonesia. Pasalnya, Indonesia adalah yang pertama kali berhasil menciptakan dan menjalankan konsep soft approach dalam penanggulangan terorisme.

Konsep ini sebenarnya mengadopsi contoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam melakukan perbuatan baik, walaupun terhadap orang yang zalim.

Pada kesempatan itu, Prof Nasaruddin mengapresiasi tinggi kegiatan Sarasehan Dai-Daiyah Sulawesi Selatan, yang digelar BNPT di Makassar, Kamis (20/7/2023) lalu.

Menurutnya, langkah memaksimalkan peran dai dan daiyah adalah salah satu cara terbaik dalam melawan penyebaran radikalisme yang mengatasmakan agama.

“Saya ucapkan selamat kepada BNPT mampu menghimpun dan mengumpulkan penguasa-penguasa mimbar di Sulawesi Selatan ini. Saya senang karena materi dan peserta kegiatan ini sangat luar biasa. Ini orang pintarnya Sulawesi Selatan berkumpul di sini. Ini prestasi tersendiri bagi BNPT,” ujar Prof Nasaruddin.

Ia berharap, di tempat lain juga BNPT bisa menciptakan kegiatan dengan merangkul para dai dan daiyah. Menurutnya sangat penting memberikan informasi-informasi pencegahan radikalisme dan terorisme kepada para dai dan daiyah.

“Semoga ke depan BNPT terus menemukan cara terbaik untuk menyelamatkan warga bangsa dan umat dari berbagai macam aspek-aspek negatif daripada radikalisme dan terorisme,” ucapnya.

Prof. Nasaruddin berpesan agar BNPT bisa tetap konsisten dalam menjaga iklim bernegara yang inklusif dan toleran. Kondisi yang aman dan damai tentunya tidak lepas dari peneguhan Pancasila dan UUD 1945 sebagai jati diri bangsa. Ini merupakan tugas BNPT sebagai salah satu kepanjangan tangan Pemerintah dalam menjaga kedaulatan Indonesia.

“Kita berharap BNPT bisa menciptakan kondisi aman dan damai seperti yang sekarang ini di seluruh Indonesia. Kita juga berharap semoga BNPT semakin maju dalam menemukan cara yang terbaik untuk menyelamatkan Indonesia dari berbagai efek negatif radikalisme dan terorisme,” pungkas Prof. Nasaruddin Umar. ***

Artikel Terkait