Bisnis

Hadir di CSR Outlook 2023 Leadership Forum, SiCepat Ekspres Berbagi Sudut Pandang Soal Kesetaraan Gender dan Kepempimpinan Perempuan

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 27/07/2023 07:23 WIB

Wiwin Dewi Herawati selaku Chief Marketing & Corporate Communication Officer (tengah)

Jakarta, INDONEWS.ID - SiCepat Ekspres hadir sebagai pembicara dalam acara CSR Outlook 2023 Leadership Forum yang diselenggarakan oleh Olahkarsa pada Selasa (25/7) di Soehanna Hall, Jakarta Selatan.

Dalam acara yang memiliki tema ‘’Moving Towards Sustainable Future’’ tersebut, Wiwin Dewi Herawati selaku Chief Marketing & Corporate Communication Officer berbagi sudut pandang tentang ‘’Gender Equality & Women in Leadership Role’’.

Dengan pengalaman lebih dari dua puluh tahun berkarir sebagai pemimpin perempuan, Wiwin berbagi perspektif bagaimana peran dirinya sebagai pemimpin perempuan khususnya di perusahaan pengiriman yang secara alami identik dengan kaum adam.

Dalam konsep kepemimpinan, menurutnya, baik laki-laki dan perempuan tentunya memiliki sisi positif dan negatif yang sebetulnya akan sangat baik jika saling bersinergi. Perempuan dengan kemampuan pendekatan emosional dan kreativitasnya serta laki-laki dengan efisiensi dan kecepatannya tentu akan sangat melengkapi satu sama lain.

"Dan saya juga meyakini bahwa di era digital yang modern dan serba maju ini, ada banyak sekali kesempatan yang terbuka bagi para perempuan untuk bisa lebih berdaya di segala bidang. Kuncinya hanya saling mendukung dan menghormati pribadi masing-masing, agar kolaborasi bisa terjalin di antara perempuan dan laki-laki sehingga dapat menghasilkan value yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan," jelas Wiwin.

Wiwin juga membagikan cerita bagaimana SiCepat Ekspres menghormati kesetaraan gender dan membuka kesempatan bagi para perempuan untuk berkarir di perusahaan jasa pengiriman. Hal ini terbukti dengan adanya lebih dari 26% karyawan perempuan yang menduduki posisi manajerial di SiCepat dan lebih dari 700 orang karyawan perempuan yang bekerja di lapangan.

‘’Meski pekerjaan lapangan secara alami sangat identik dengan kaum laki-laki, namun SiCepat Ekspres tidak menutup kemungkinan posisi tersebut diisi oleh seorang perempuan. Lebih dari 700 orang karyawan perempuan tersebut membuktikan diri dengan kemampuan dan pengalamannya, mereka dapat berkontribusi baik bagi perusahaan dalam mengantar dan menjemput paket pelanggan dengan amanah," tambah Wiwin.

Sejalan dengan tema CSR Outlook 2023 Leadership Forum ‘’Moving Towards Sustainable Future’’, Wiwin juga membagikan cerita bagaimana SiCepat Ekspres melihat kelompok perempuan sebagai salah satu target sasaran dari program-program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Salah satu contoh nyatanya adalah program CSR yang telah dilakukan SiCepat Ekspres di tahun 2022 lalu di mana perusahaan memberikan bantuan dua unit mesin pencacah batu untuk kelompok wanita pencacah batu Yaya Ma Durara di Ternate, Maluku Utara.

‘Program CSR yang pihaknya lakukan untuk kelompok wanita pencacah batu di Ternate merupakan salah satu bentuk komitmen SiCepat dalam mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia. Dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan (sustainability), bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, khususnya kelompok wanita Yaya Ma Durara.

"Ke depannya, kami juga berusaha untuk terus memberikan perhatian bagi para kelompok wanita melalui program-program keberlanjutan lainnya agar wanita Indonesia dapat lebih berdaya dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi ekonomi bangsa,’’ tutup Wiwin.

SiCepat Ekspres adalah perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak tahun 2014, dimana fokus utama dalam pelayanannya adalah pengiriman 1 hari sampai untuk kota besar di seluruh wilayah Indonesia yang didukung dengan sistem teknologi terkini.

Dengan slogan “Ketika Semua Jadi Mudah”, SiCepat Ekspres mempunyai cabang dan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjawab berbagai kebutuhan pelaku e-commerce.

SiCepat Ekspres berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan logistik terintegrasi melalui hadirnya aplikasi SiCepat Superapp. Aplikasi SiCepat Superapp tersedia dan dapat diunduh melalui App Store dan Google Playstore.*

Artikel Terkait