Nasional

Sekjen Satrio: SatuPena Sumbar Sudah Dijalur yang Benar, Banyak Kegiatan

Oleh : luska - Minggu, 30/07/2023 07:10 WIB

Baso, INDONEWS.ID - DPD SatuPena Provinsi Sumatera Barat termasuk yang paling aktif melakukan kegiatan sejak dilantik tahun 2022 lalu. Banyak DPD SatuPena yang sudah dilantik kepengurusannya, namun sepi dari kegiatan literasi dan kegiatan lainnya.

Demikian diungkapkan sekretaris Jenderal DPP Perkumpulan Penulis Indonesia (SatuPena) Dr. Satrio Arismunandar, Sabtu (29/7/2023), saat membuka Workshop Menulis dan Rapat Kerja DPD SatuPena Sumatera Barat di aula PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, di Baso Kabupaten Agam.  

Menurut Satrio, SatuPena Sumatera Barat terus menggelar berbagai kegiatan. Ada worskshop menulis, pelatihan, bedah buku dan International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) pada Februari 2023 lalu. 

“Memang  DPD SatuPena sudah banyak di berbagai  provinsi di Indonesia. Kebanyakan dari DPD tersebut setelah pengurusnya dilantik, tidur, tidak melakukan kegiatan. “Memang ada juga yang merasa iri dengan DPD SatuPena Sumbar, kenapa selalu mengadakan kegiatan. Dari mana pendanaannya? Padahal DPP SatuPena sendiri tidak memberikan bantuan yang jelas terhadap kegiatan yang dilaksanakan DPD SatuPena itu. Itu tergantung seni dari pengurusnya masing-masing,” kata Satrio. 

Dikatakan Satrio, apa yang dilakukan SatuPena Sumbar yang menggelar berbagai kegiatan workshop menulis, pelatihan, bedah buku dan sebagainya. Ini potensi besar untuk terus meningkatkan kemampuan menulis. SatuPena Sumbar sudah berada dijalur yang benar. Karena daerah ini sudah banyak melahirkan penulis hebat, pemikir, acuan bagi bangsa Indonesia. Sebutlah nama Bung Hatta, Tan Malaka, Sutan Syahrir, Agus Salim, Hamka dan lainnya. Mereka penulis ulung dan banyak melahirkan buku. Ini di satu sisi  beban berat dari orang-orang hebat dari orang Minang hebat itu. Di sisi lain juga menjadi inspirasi untuk terus bergiat dan mendorong lahirnya penulis-penulis ulung.

“Menulis mewariskan budaya untuk massa depan. Mendorong menulis, termasuk menulis diari, adalah penting,” kata Satrio. 

Sekretaris DPD SatuPena Sumatera Barat Armaidi Tanjung melaporkan, workshop menulis dan rapat kerja berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (29-30/7/2023). Tampil narasumber, selain Sekretaris Jenderal DPP SatuPena Dr. Satrio Arismunandar, juga Penasihat DPD SatuPena Sumbar Prof. Harris Effendi Thahar yang juga guru besar Universitas Negeri Padang. “Peserta dibatasi hanya 40 orang agar lebih fokus dan maksimal menerima materi yang disampaikan. Selain itu, juga langsung praktik dan evaluasi dari masing-masing peserta di akhir acara,” tutur Armaidi Tanjung.
Turut memberikan sambutan Ketua DPD SatuPena Sumbar Sastri Bakry.

Artikel Terkait