Nasional

Drama Musikal Keumalahayati Laskar Inong Balee Bakal Hadir di Teater Jakarta Taman Izmail Marsuki

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 03/08/2023 09:18 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Gema Citra Nusantara (GCN) bersama Papatong Artspace menggelar teater musikal berjudul "Keumalahayati - Laskar Inong Balee" pada 12 dan 13 Agustus 2023.

Acara yang digelar selama dua hari pada satu dan Minggu di Teater Jakarta Taman Ismail Marsuki ini dimulai pukul 19.00 WIB - 22.00 WIB.

Keumalahayati adalah wanita Aceh pertama berpangkat Laksamana (Admiral) di Kesultanan Aceh Darussalam setelah suaminya Laksamana Zainal Abidin, wafat dalam sebuah perang di perairan Teluk Haru antara Portugis dengan Kesultanan Aceh Darussalam.

Dalam sebuah postingannya di Facebook, Mira Marina Arismunandar selaku Pemimpin GCN sekaligus Produser Eksekutif mengutip sepenggal kalimat yang pernah diucapkan Keumalahayati.

"Aku perempuan berdarah pejauang, yang Tuhan takdirkan menjaga lautan,..." tulis Mira.

Mira lantas mengajak masyarakat untuk bersama-sama melihat bersama perjuangan sang perempuan pejuang di atas panggung melalui teater musikal.

"Yuk, menjadi saksi perjuangan Keumalahayati dan Laskar Inong Balee menjaga tanah Aceh Darussalam," ajaknya.

Penggarapan pentas melibatkan seniman tradisi Aceh, juga sejumlah nama tenar dari dunia seni Indonesia.

Adapun sutradara pentas adalah Teuku Rifnu Wikana dan Krisna Aditya. Komposer dipercayakan kepada Leodet dan Komposer musik tradisional kepada Jufrizal, Asep Supriyatna. Lalu librettist Gema Sadatana, screnoprapher Bulqgini dan choreographer Wiwiek HW.

Adapun pemain melibatkan para seniman terkenal seperti Marsuki Hasan, Teuki Rifnu Wikana sendiri, Karissa Soerjanatamihardja, Haikal Baron "AFI 2", Yan Wibisono, Beyon Destiano dan lain-lain.

Tiket pertunjukan daapat dibeli melalui https://bit.ly/Keumalahayati2023

Artikel Terkait