Nasional

Kompaknya 15.110 Pemain Angklung Pecahkan Rekor Dunia

Oleh : Mancik - Kamis, 10/08/2023 07:02 WIB

Pergelaran angklung yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).(Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Kekompakan 15.110 pemain angklung menjadi kunci penting atas keberhasilan pemecahan rekor dunia Guinness World Records (GWR) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (5/8/2023) malam. Selain memainkan alat musik angklung, mereka juga kompak mengenakan seragam dengan nuansa merah putih.

Seperti diketahui, pergelaran angklung yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) atas prakarsa Ibu Iriana Joko Widodo itu berhasil memecahkan rekor dunia GWR.

Gelaran ini mencatatkan rekor permainan angklung dengan peserta terbanyak yakni 15.110 orang yang bermain selama 7 menit dengan nada dan musik yang padu. Para peserta memainkan dua lagu yakni “Berkibarlah Benderaku” dan “Wind of Change”.

Selama pagelaran berlangsung, peserta tampak begitu antusias mengikuti arahan konduktor yang turut ditayangkan pada layar besar. Secara berurutan, “Berkibarlah Benderaku” menjadi lagu pertama yang disuguhkan oleh para peserta. Mereka kompak menggerakkan alat musik angklung, hingga mengeluarkan bunyi sesuai nada lagu tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan lagu kedua yakni “Wind of Change” yang juga dimainkan oleh peserta dengan penuh semangat dan kompak.

"Indonesia telah mencapai Guinness World Records dengan 15.110 orang," kata penilai resmi GWR Sonia Ushirogochi.

Dalam kesempatan itu, Sonia Ushirogochi menyerahkan sertifikat GWR kepada koordinator acara yang juga Ketua Umum OASE KIM Tri Tito Karnavian. Setelah itu, Tri kemudian menyerahkan sertifikat tersebut kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Tri menjelaskan, pergelaran tersebut sudah direncanakan sejak tahun lalu. Para peserta juga getol berlatih kurang lebih selama 3 bulan untuk menyukseskan pagelaran tersebut.

Dia menegaskan, kecintaan kepada alat musik tradisional angklung harus terus diupayakan ke seluruh masyarakat. Terlebih, pandemi Covid-19 berdampak kepada seniman bahkan industri alat musik tradisonal angklung.

"Kiranya setelah upaya ini angklung akan terus bangkit, semakin dicintai semua generasi dan menjadi bagian seni musik, tidak hanya di daerah asalnya Jawa Barat dan negara Indonesia, tapi bergaung di seluruh dunia,” jelas Tri.

Kegiatan itu semakin meriah dengan penampilan juara Indonesian Idol 2023 Salma Salsabil dan Grup Musik Kahitna di sela pagelaran.

Beberapa kali, Presiden Jokowi yang hadir didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian tampak bersukacita dan tersenyum mengikuti irama lagu. Hal serupa juga terlihat dari raut wajah Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin yang bersukacita mengikuti alunan musik tersebut.

Sebagai informasi, pagelaran ini juga dihadiri beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Mereka di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, acara ini juga dihadiri para pengurus OASE KIM yang terdiri atas istri-istri anggota Kabinet Indonesia Maju.*

TAGS : Angklung

Artikel Terkait