Nasional

Pecahnya Rekor Dunia Bermain Angklung

Oleh : Mancik - Kamis, 10/08/2023 07:18 WIB

Pergelaran Angklung.(Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Pergelaran angklung yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) atas prakarsa Ibu Negara Iriana Joko Widodo berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Records (GWR).

Gelaran ini mencatatkan rekor permainan angklung dengan peserta terbanyak, yakni 15.110 orang yang bermain selama 7 menit dengan nada dan musik yang padu. Jumlah ini melampaui rekor sebelumnya yang melibatkan 5.182 peserta di Monumen Washington, Amerika Serikat, pada 9 Juli 2011.

Para peserta memainkan dua lagu yakni “Berkibarlah Benderaku” dan “Wind of Change”. “Indonesia telah mencapai Guinness World Records dengan 15.110 orang," kata penilai resmi Guinness World Records Sonia Ushirogochi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (5/8/2023) malam.

Pagelaran ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang mengambil tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Dengan begitu, keberhasilan ini menjadi salah satu kado terindah bagi HUT ke-78 Republik Indonesia.

“Kami bertekad ini menjadi persembahan hadiah ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023,” ujar Koordinator Acara sekaligus Ketua Umum (Ketum) Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) Tri Tito Karnavian dalam laporannya.

Kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak, di antaranya para pegawai negeri, Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, para pelajar SMA, dan lainnya. Para pelatihnya juga berasal dari guru seni musik serta seniman angklung yang berasal dari sanggar maupun komunitas.

Pergelaran ini juga menghadirkan bintang tamu seperti Saung Angklung Udjo, juara Indonesian Idol 2023 Salma Salsabil, dan Kahitna.

Acara pun semakin semarak dengan kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Hadir pula beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, acara ini juga dihadiri para pengurus OASE KIM yang terdiri atas istri-istri anggota Kabinet Indonesia Maju.*

TAGS : Angklung

Artikel Terkait