Gaya Hidup

Pentas Budaya Nusantara `Cakrawala`, Ketua PP Kagama: Budaya adalah Benteng Negara

Oleh : rio apricianditho - Minggu, 13/08/2023 08:47 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) menggelar parade tari dan pentas budaya nusantara bertajuk 'Cakrawala', di gedung pewayangan kanoman, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Menurut Ketua PP Kagama, inilah salah satu kebanggaan kita di Kagama, kita bisa mengekspresikan apa saja kesukaan kita. Karena Kagama bukan saja organisasi tapi jalinan keluarga yang menggunakan hati.

Demikian dikatakan, Ganjar Pranowo selaku Ketua PP Kagama. Lalu ia melanjutkan, Kagama sebagai keluarga bergerak menggunakan hati agar semua bahagia. Dan Kagama besar jadi jadi salah satu penjaga spirit kebahagian hidup.

"Karena mengawal perjalanan eksistensi tradisi serta kebudayaan di daerah masing-masing, maka gelar lah acara dimana saja, kapan saja sebanyak-banyaknya. Karena tradisi dan budaya adalah benteng negara", ungkapnya melalui video yang diputar sebelum pentas.

Sementara ketua Kagama Jabodetabek menjelaskan, cakrawala adalah sebuah tajuk yang menggambarkan sebuah horizon, sebuah lazuardi yang menandakan adanya gambaran sebuah batas yang harus kita lewati.

Menurutnya, saat ide pementasan ini digagas, dirinya menyambut baik namun dalam perjalanan penuh dinamika yang tak semudah kita bayangkan. Namun akhirnya seluruh rintangan bisa dihadapi, semua persoalan bisa dicari solusinya sehingga pentas ini bisa berlangsung dengan mengusung tema 'Cakrawala'.

"Ini merupakan pentas pertama Kagama Beksan Jabodetabek, semoga perdana dan setrusnya bukan perdana dan juga terakhir. Saya yakin acara ini ditujukan untuk kita menyajikan kekayaan budaya nusantara", paparnya.

Ketua Kagama Beksan Jabodetabek meyakini, organisasinya memiliki komitmen untuk memelihara 'wuri-wuri' (sendi) budaya nusantara. Karena itu, dalam pentas ini kami juga melakukan regenerasi, pemainnya tak hanya kami yang dulu juga diwarisi budaya nusantara tapi juga pelajar dan anak panti asuhan yang bakal menjadi penurus selanjutnya.

Untuk itu, Ganjar maupun Ketua Kagama Beksan Jabodetabek berharap, pentas tari cakrawala ini menghadirkan dan memancing semakin banyak manfaat agar negara kita semakin kuat. Dan pentas tari tak lepas dari konteks yang kita hadapi saat ini, dengan pentas ini diharapkan menjadi jawaban yang kita hadapi saat ini.

Artikel Terkait