Nasional

Dubes Heri Lakukan Peletakan Bunga di Monumen Sukarno, Tokyo

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 18/08/2023 16:05 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Selain memimpin upacara HUT ke-78 RI, Dubes Heri melakukan upacara penghormatan kepada pahlawan keturunan Jepang di Monumen Sukarno. Monumen ini berada persis di samping Kuil Seisho Ji, Tokyo.

“Ini adalah apresiasi kita atas peran pahlawan keturunan Jepang yang berjuang bersama pahlawan Indonesia. Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa, dan konstitusi kita tidak membedakan latar setiap individu. Semua warga Indonesia berkedudukan sama di mata hukum dan mendapat pelayanan yang sama” kata Dubes Heri yang didampingi Atase Pertahanan Laksamana Pertama Azwan Yusuf, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno dan Kresna Hadi yang merupakan perwakilan keluarga mantan tentara Jepang yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Monumen Sukarno didirikan oleh Pemerintah Jepang beberapa tahun setelah kunjungan Presiden Soekarno ke Jepang pada 1958 atas undangan Kaisar Hirohito.

Rangkaian peringatan HUT ke-78 RI ditutup dengan upacara penurunan bendera merah putih yang dipimpin oleh Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami.

Artikel Terkait